Silaturahmi ke Kelurahan Tanjungpinang Timur, Hasan Harap Maksimalkan Komunikasi dan Tingkatkan Pelayanan

Hasan Harap Maksimalkan Komunikasi dan Tingkatkan Pelayanan (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang – Dengan mengedepankan standar operasional prosedur (SOP) pada pelayanan dasar dan pentingnya peningkatan kualitas aparatur pemerintah, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos melakukan silaturahmi dan berdiskusi bersama jajaran staf pelayanan Kelurahan Tanjungpinang Timur, RT/RW, juga organisasi masyarakat, di aula kantor Kelurahan Tanjungpinang Timur, Selasa (19/3).

Hasan mengatakan pentingnya sikap petugas pelayanan yang baik, termasuk kesabaran dan kemampuan komunikasi yang baik. “Hal ini penting bagi petugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat untuk menghindari miskomunikasi. Setiap masyarakat yang kita layani tentu memiliki latar belakang yang berbeda, kita sebagai bagian dari pelayan masyarakat harus pandai mengolah kata-kata yang mudah dimengerti dan harus mampu memberi solusi agar tidak membingungkan masyarakat yang dilayani. Hindari miskomunikasi antara petugas dan masyarakat, jangan sampai berulang-ulang untuk datang ke kantor sehingga mengganggu aktifitas bagi masyarakat yang dilayani,” ungkap Hasan.

Selain itu, kurangnya penyampaian informasi atau penjelasan mengenai prosedur standar suatu pelayanan, atau sikap petugas layanan yang kurang humanis, sering kali menjadi pemicu kritikan masyarakat. “Sebagai pelayan masyarakat, kita harus bekerja dengan hati dan memberikan pelayanan dengan sikap yang baik. Sehingga akan mempengaruhi opini masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang kita berikan. Pertahankan yang sudah baik, dan tingkatkan kekurangan yang mungkin masih ada,” ujarnya.

Hasan juga menjelaskan, aparatur pelayanan juga harus memiliki sikap responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk peran RT dan RW untuk menyampaikan ke kelurahan dan kecamatan terhadap kondisi lingkungan masyarakatnya. “Lurah dan camat juga harus selalu aktif turun ke lapangan untuk memantau dan menampung aspirasi. Selain itu, harus cepat tanggap dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi warganya,” terangnya.

Di akhir arahannya, Hasan berharap seluruh lurah dan camat serta perangkat RT/RW, PKK, LPM dan Karang Taruna dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Terus optimalkan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan sinergi antara kecamatan, kelurahan dan dinas/instansi terkait,” pungkas Hasan.

Penulis: Budi

Editor: Herman

banner 120x600