Riau  

BBM Naik, HMI Pekanbaru Gelar Aksi di DPRD Riau

HMI Pekanbaru beraksi tolak kenaikan BBM (Ist)
HMI Pekanbaru beraksi tolak kenaikan BBM (Ist)

DK – Riau – Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Pekanbaru mengadakan aksi merespon kenaikan BBM di depan Kantor DPRD Provinsi Riau. Aksi ini diikuti oleh kader HMI Se lingkungan Cabang Pekanbaru, bahkan tampak beberapa kader HMI dari cabang lain yang mengikuti aksi karena waktu aksi tidak jauh setelah kegiatan Training Raya 2022 yang ditaja HMI Cabang Pekanbaru. Aksi diisi dengan kegiatan menyanyikan lagu perjuangan, orasi bergilir antar ketua umum komisariat dan termasuk kader yang sebelumnya peserta Training Raya juga ikut berorasi menyampaikan aspirasinya.

Melalui aksi tersebut HMI Cabang Pekanbaru telah menyampaikan poin-poin tuntutan yang dibacakan langsung oleh Ketua Umum HMI Cabang Pekanbaru. Adapun tuntutannya poin-poin tuntutan yaitu,

1. Meminta Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk mengingat dan berpedoman kepada UUD 1945 Pasal 33 poin 3 bahwa Bumi, Air dan Kekayaan alam
yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran Rakyat, maka dari itu cabut Keputusan Menteri (KEPMEN) nomor 218.K/MG.01/MEM.M Tahun 2022 Tentang “Harga Jual Eceran Jenis BBM Tertentu dan Jenis Bahan Baku Minyak Khusus Penugasan”.
2. Meminta Pemerintah Pusat untuk memperioritaskan alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk subsidi BBM mengingat komoditas ini penting dan berpengaruh terhadap kondisi perekonomian masyarakat.

3. Meminta Pemerintah Daerah Provinsi Riau untuk mendesak Pemerintah Pusat membuat aturan terkait perbedaan tarif harga BBM di daerah Provinsi Riau mengingat Riau adalah daerah penghasil minyak bumi terbesar se Nasional.

4. Meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau untuk
segera membentuk Panitia Kerja (Panja) dan atau Panitia Khusus (Pansus) terkait dengan persoalan BBM.

Adapun aksi ditutup setelah poin-poin tuntutan diterima langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, S.Si, M.Si.

“Seluruh elemen masyarakat termasuk saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan adik-adik sekalian menyampaikan tentang situasi kekinian yaitu tentang kenaikan BBM, tentu kami apresiasi atas kepedulian adik-adik, serta terima kasih juga sudah menjalankan aksi dengan tertib, aspirasi adik-adik akan kami tindak lanjuti”. Ujar Yulisman. (Hs)

banner 120x600