Riau  

KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Perkuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

SMAN 1 Tebing Tinggi Barat Gandeng KPU Kabupaten Kepulauan Meranti

DK-RIAU-Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) adalah inisiatif untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Salah satu nilai yang terdapat dalam P5 adalah pemahaman tentang demokrasi. Atas dasar tersebut, SMAN 1 Tebing Tinggi Barat memperkenalkan “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi” kepada Siswa/i kelas X dengan menghadirkan pemateri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di SMAN 1 Tebing Tinggi Barat, diantaranya Abu Hamid, S.Pd.I yang juga merupakan Ketua KPU Kab. Kepulauan Meranti, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tebing Tinggi Barat Muhammad Ali, Para guru SMAN 1 Tebing Tinggi Barat selaku fasilitator dan juga Siswa kelas X selaku peserta kegiatan.

Abu Hamid, S.Pd.I selaku Ketua KPU Meranti yang juga bertindak sebagai pemateri mendukung penuh kegiatan ini. “Penguatan profil pelajar Pancasila adalah upaya jangka panjang yang memerlukan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak. Dengan langkah-langkah ini, kita dapat membantu memastikan bahwa generasi muda Indonesia memahami, menghargai, dan menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari mereka,” ungkapnya.

Sementara itu Rizki Ramdani, S.Si selaku Fasilitator dan Guru di SMAN 1 Tebing Tinggi Barat mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Terselenggaranya kegiatan ini akan membantu pelajar memahami bagaimana nilai-nilai demokrasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada September 2023 kemarin, kita juga sudah selesai melaksanakan Demokrasi sebagai bentuk implementasi P5, yaitu dengan mengadakan Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS. Pada projek ini peserta didik diarahkan untuk dapat mengerti setiap tahapan proses pemilihan sesungguhnya. Peserta didik mengambil peran masing-masing baik sebagai pemilih, sebagai penyelenggara pemilihan sampai pada pengawasan pemilihan. Ini salah satu contoh penerapan P5 di SMAN 1 Tebing Tinggi Barat,” tutup Rizki.

Penulis: Herman

Editor: Budi

banner 120x600