PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA S2 PSIKOLOGI UIN SUSKA DI AJANG INTERNASIONAL (INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC EDUCATION)

PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA S2 PSIKOLOGI UIN SUSKA DI AJANG INTERNASIONAL (INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC EDUCATION)

PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA S2 PSIKOLOGI UIN SUSKA DI AJANG INTERNASIONAL (INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC EDUCATION)

DK-Pekanbaru-Mahasiswa S2 psikologi UIN SUSKA Riau berpartisipasi aktif mengembangkan potensi akademik khususnya menulis ilmiah diforum internasional. Mereka mengikuti International Conference on Islamic Education yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna Muara, Padang, bertepatan pada tanggal 28-29 November 2019 oleh Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Ada enam mahasiswa S2 mengirimkan paper mereka dan lulus seleksi, berdampingan dengan paper yang juga dikirim dosen. Mereka mempresentasikan karya ilmiah dalam acara tersebut untuk mempublikasikan hasil riset dan mengkaji lebih dalam topik berikut:

– Self esteem, Siri’ and Aggressive Behavior on Ethnic Bugis: The Dark Side of High Self Esteem, oleh Cahaya Makbul.
– Relationship between The Spiritual Intelligence with Retirement Anxiety in The Education Department of Padang City oleh Intan Fadhillah.
– Description of Agression Behavior on Student that Involved in Mass Brawl at SMK ‘Y’ Padang City oleh Mutia Skunda Ramadani.
– Relationship between Spiritual Intelligence with Self Control in Teens of Madrasah Tsanawiyah Negri (MTSN) Payakumbuh oleh Desy Norita.
– Effectiveness of Economic Token Methods to Improve Prosocial Behavior in Children of Alumna Islamic School Pekanbaru oleh Risda Nurajawati.
– Relationship between Self-esteem With Coping Strategy The Parents who have Children with Special Disabilities oleh Yola Oktavina Lova

Dosen UIN Suska Riau yg turut mempublikasikan makalah ilmu mereka antara lain Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons. dan Bapak Dr. Muslim Affandi, M.Pd.
Kegiatan ini akan menjadi sumbangan motivasi terbesar nantinya untuk meningkatkan skill mahasiswa sesuai profil lulusan magister psikologi yang salah satunya adalah menjadi peneliti dan trainer. Selain itu dapat mendukung akreditasi magister psikologi UIN Suska Riau sebagai satu satu nya Prodi S2 yg mengintegrasikan nilai keislaman dan budaya Melayu di Sumatera, selain Universitas Sumatera Utara.

Prodi ini memiliki peminat psikologi pendidikan, psikologi sosial dan psikologi industri dan organisasi. Tema yg diangkat dlm konferensi internasional yg diselenggarakan UIN Imam Bonjol Padang ini sangat sesuai dengan peminatannya psikologi pendidikan yang ada di S2 psikologi UIN SUSKA. Harapan ke depannya, kalangan ilmuwan psikologi yang berminat pada konteks psikologi pendidikan akan terus mengali isu-isu yang terjadi pada dunia pendidikan, terkhusus pendidikan Islam. Hal ini senada dengan apa yang diucapkan oleh salah satu mahasiswa s2 Psikologi UIN SUSKA, Cahaya Makbul, selaku peserta dari ICIE, “dalam kegiatan ICIE yang kami ikuti ini merupakan ajang untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam penelitian terutama yang berkaitan penelitian Islam sesuai dengan visi misi prodi Psikologi S2 UIN SUSKA Riau, yaitu mengembangkan penelitian unggulan yang mengintegrasikan ilmu psikologi dengan nilai-nilai keislaman”. (ibnubiat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!