Hari Ini PPDB SMA, SMK, dan SLB se-Kepri Dimulai

Ilustrasi pelajar SMA di Tanjungpinang. (Foto: Datakepri)
Ilustrasi pelajar SMA di Tanjungpinang. (Foto: Datakepri)

DK TANJUNGPINANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah’ Luar Biasa (SLB) se-Kepulauan Riau (Kepri) dimulai per Selasa (11/06).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Andi Agung mengungkapkan, pendaftaran PPDB 2024 itu akan berlangsung hingga 13 Juni mendatang.

“Kita mulai pendaftaran PPDB jenjang SMA/K dan SLB,” katanya.

Pendaftaran ini merupakan gelombang pertama bagi jenjang SMA yang diperuntukkan bagi pendaftar kategori afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.

Sementara gelombang kedua adalah jalur zonasi. Jadwalnya mulai tanggal 20–22 Juni 2024.

Sedangkan untuk SMK dan SLB, penerimaan mulai Selasa (11/06) ini merupakan gelombang satu-satunya.

Jadwalnya ialah tanggal 11–13 Juni pendaftaran untuk SMA/SMK. Verifikasi tanggal 14–18 Juni, dan pengumuman tanggal 19-24 Juni. Kemudian daftar ulang pada tanggal 20-22 Juni.

“Zonasi nanti tanggal 22 Juni 2024 baru kita buka,” ujarnya.

PPDB jenjang SMA memiliki persentase tersendiri untuk setiap kategori yakni 15 persen untuk prestasi, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan zonasi 65 persen.

Sedangkan untuk persentase jenjang SMK, hanya terdapat sejumlah kategori yakni akademik dan non akademik, bina lingkungan, serta keluarga tidak mampu.

Persentase SMK penilaian rapor, akademik, dan non akademik 75 persen, bina lingkungan 10 persen, dan keluarga kurang mampu 15 persen.

banner 120x600