Pemkot Ajukan Revitalisasi Dermaga Penyengat ke Bappenas

Sekda Tanjungpinang, Zulhidayat. (Foto: Datakepri)
Sekda Tanjungpinang, Zulhidayat. (Foto: Datakepri)

DK TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) telah mengajukan revitalisasi Dermaga Pulau Penyengat ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjungpinang, Zulhidayat membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pengajuan itu lantaran revitalisasi Dermaga Pulau Penyengat membutuhkan anggaran yang besar.

Setidaknya, perlu anggaran senilai Rp26 miliar untuk memperbaiki dermaga yang padat aktivitas itu.

“Kita usulkan ke Bapennas. Cuma kan total anggarannya Rp26 miliar. Bappenas juga melihat kira-kira peluang mana yang bisa untuk bantu,” katanya.

Bila mengharapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pariwisata, Zulhidayat menilai hal itu cukup berat. Mengingat anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit.

“Kalau dari DAK Pariwisata, nampaknya perlu ada upaya lain,” tutur Mantan Kadis PU itu.

Kendati demikian, ia belum mengetahui pasti tindak lanjut untuk saat ini. Memang sempat muncul rencana pemindahan aktivitas dermaga ke Pelantar I, tapi ia belum dapat memastikannya.

Pemkot Tanjungpinang akan berdiskusi dengan para pengguna khususnya masyarakat Penyengat.

“Jangan sampai ada korban baru kita sibuk. Kita harus diskusi dan duduk dengan pengguna terutama masyarakat penyengat. Jangan sampai terganggu,” lanjutnya.

“Sebenarnya dari dulu sudah pernah kita follow up. Portal di dermaga juga semasa saya jadi Kadis PU Karena kita prediksi konstruksinya tak kuat,” tambah Zulhidayat.

banner 120x600