Hujan Deras Sepekan, BMKG Peringatkan awan culumonimbus

Hujan Deras Sepekan, BMKG Peringatkan awan culumonimbus (Dok: Lanni)

DK-Tanjungpinang- Dalam sepekan wilayah Tanjungpinang mengalami curah hujan deras disertai angin dan petir, Sabtu (18/5/2024).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG Tanjungpinang) memprediksi dalam 3 hari kedepan masih terjadi hujan disertai petir yang bersifat lokal (tidak merata).

Hal ini disampaikan Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Miranda Putri Permatasari. Ia mengatakan cuaca hari ini dipengaruhi oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial di wilayah Kepulauan Riau sehingga mengakibatkan hujan.

“Saat ini sebagian wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sedang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang beberapa wilayah juga disertai petir,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Miranda, ketinggian gelombang saat ini hingga 3 hari kedepan dalam kategori rendah berkisar 0,5 – 1,25 meter.

“Namun dengan adanya potensi hujan yang dapat disertai petir dapat mengakibatkan kenaikan pada gelombang laut,” jelas Miranda.

Prakirawan Cuaca BMKG menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada terhadap potensi potensi awan cumulonimbus yang dapat menyebabkan hujan disertai petir dan angin kencang.

“Selain itu juga harap waspada bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi baik darat maupun laut,” pungkasnya.

Penulis: LanniEditor: Herman
banner 120x600