KSAL Resmikan Dua KRI Buatan Anak Bangsa di Batam

Peluncuran KRI Butana-878 dan KRI Selar-879 di galangan kapal PT Citra Shipyard. (Foto: Lantamal IV)
Peluncuran KRI Butana-878 dan KRI Selar-879 di galangan kapal PT Citra Shipyard. (Foto: Lantamal IV)

DK BATAM – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan dua KRI Buatan anak bangsa di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kedua KRI itu ialah KRI Butana-878 dan KRI Selar-879 buatan galangan kapal PT Citra Shipyard.

Keduanya merupakan kapal Patroli Cepat (PC) dengan panjang sekitar 40 meter.

Kasal Muhammad Ali mengatakan, nantinya kapal-kapal itu akan ditempatkan untuk memperkuat Satuan Patroli (Satrol) di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya dan Lantamal VIII Manado untuk memperkuat armada II.

“Kedua kapal ini merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI AL di perairan wilayah Indonesia sebagai perencanaan strategis dalam menjaga keamanan dan melaksanakan penegakkan hukum di laut,” katanya.

Kasal melanjutkan, kedua kapal ini merupakan karya putra-putri bangsa yang dibangun di galangan PT Citra Shipyard. Spesifikasi teknisnya mencakup panjang 45,50 meter dan lebar 7,90 meter dengan kecepatan maksimum 24 knots.

“Jadi hampir 100 persen pekerjanya merupakan orang Indonesia. Ini sudah beberapa kali kita membangun kapal buatan dalam negeri untuk memperkuat Armada TNI Angkatan Laut. Nah pembangunan itu kurang lebih selama 24 bulan,” jelasnya.

Kasal berkomitmen untuk meningkatkan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan mengurangi ketergantungan pada produk impor.

Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional melalui industri pertahanan dan memperkuat peran Indonesia dalam rantai suplai global.

banner 120x600