Bersihkan Sampah di Wilayah Pesisir, Hasan Turunkan Tim Kebersihan Untuk Gotong Royong

Bersihkan Sampah di Wilayah Pesisir, Hasan Turunkan Tim Kebersihan Untuk Gotong Royong (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang – Untuk menjaga kebersihan laut dan wilayah pesisir, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos menurunkan tim kebersihan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, BPBD, Satpol dan Kelurahan melaksanakan gotong royong. Gotong royong dimulai dari kawasan pelantar 1 dan sekitarnya, Rabu (8/5) pagi.

Hasan saat dilokasi menyampaikan bahwa gotong royong ini bertujuan demi kebersihan pemukiman pesisir pelantar di kota Tanjungpinang. “Permasalahan sampah di laut dapat menimbulkan dampak kerusakan luar biasa pada kehidupan laut, juga berakibat pada pencemaran lingkungan terutama pada perairan laut. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan buruk yang memicu meningkatnya penumpukan sampah. Selain mengotori lautan, sampah juga bisa termakan dan meracuni hewan hewan laut,” ucap Hasan.

Ditambahkannya, gotong royong membersihkan lingkungan ini juga merupakan salah satu program mengurangi Stunting melalui PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di kawasan pesisir. “Menjaga lingkungan selalu bersih akan berdampak pada kesehatan masyarakat, termasuk kesehatan anak yaitu permasalahan stunting. Karena dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat akan sangat berpengaruh pada penurunan angka stunting bagi masyarakat yang bertempat tinggal di pesisir. Alhamdulillah dengan dukungan seluruh pihak, pravelensi Stunting di kota Tanjungpinang tahun 2023 turun menjadi 15,7 persen dari tahun sebelumnya 18,8 persen,” jelasnya.

Dalam menjaga kebersihan laut, Pemerintah telah melakukan pemasangan jaring di pemukiman pesisir. “Hal ini untuk menghambat jika saat terjadi pasang surut air dan membawa sampah laut, sehingga mudah nantinya untuk petugas membersihkannya,” sebut Hasan.

Untuk itu Hasan mengimbau kepada masyarakat pemukiman pesisir untuk tidak membuang sampah di laut. “Siapkan tempat sampah khusus sesuai jenis untuk kemudian dikumpulkan dan dibantu diangkut oleh petugas kebersihan. Dan setelah dilakukan gotong royong ini, kepada Dinas Kebersihan, BPBD, dan Lurah setempat agar terus memperhatikan dan menjaga kebersihan yang telah dilakukan, terutama jaring yang telah dipasang. Mari bersama kita jaga kebersihan, baik dilingkungan tempat tinggal kita juga wilayah pesisir,” pungkasnya.

Penulis: BudiEditor: Herman
banner 120x600