Disdik Kepri Beri Alternatif untuk Sembilan Pelajar SLTA Tak Lulus TA 2023/2024

Ilustrasi pelajar SMA di Tanjungpinang. (Foto: Datakepri)
Ilustrasi pelajar SMA di Tanjungpinang. (Foto: Datakepri)

DK TANJUNGPINANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kepulauan Riau (Kepri) menyediakan sejumlah alternatif bagi sembilan pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat yang tidak lulus Tahun Ajaran (TA) 2023/2024.

Kepala Disdik, Andi Agung, mengonfirmasi bahwa kesembilan siswa tersebut berasal dari berbagai daerah di Kepri, termasuk Karimun, Natuna, Batam, dan Tanjungpinang.

“Di antara sembilan siswa yang tidak lulus, lima berasal dari SMA dan SMK di Karimun, satu dari Natuna, dua dari Batam, dan satu lagi dari Tanjungpinang,” ungkap Andi Agung.

Dia menjelaskan, dari sembilan siswa tersebut, tujuh di antaranya tidak berhasil lulus karena tidak dapat dihubungi dan tidak mengikuti ujian. Satu siswa lainnya sakit, sedangkan siswa lainnya meninggal dunia sebelum ujian dilaksanakan.

Andi Agung menambahkan bahwa Disdik Kepri masih memberikan kesempatan kepada siswa yang sakit dan tidak dapat mengikuti ujian untuk mengambil paket C atau mengulang ujian.

“Bisa ikut paket C atau mengulang,” tuturnya.

Jumlah total peserta ujian mencapai 17.620 siswa SMA, 11.732 siswa SMK, dan 71 siswa SLB. Tingkat kelulusan secara keseluruhan mencapai 99,95 persen, dengan siswa yang lulus terbagi di 286 sekolah, terdiri dari 158 SMA, 105 SMK, dan 23 SLB.

Andi Agung sebelumnya telah mengimbau agar siswa tidak merayakan kelulusan dengan konvoi dan coret-coret. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Pengumuman kelulusan dilakukan secara online pada pukul 17.00 WIB hari ini,” tandasnya.

Penulis: DinEditor: Redaksi
banner 120x600