Kunjungi Sekolah Adiwiyata, Hasan Berikan Apresiasi Untuk Guru dan Siswa

Kunjungi Sekolah Adiwiyata, Hasan Berikan Apresiasi Untuk Guru dan Siswa (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Dua sekolah di Kota Tanjungpinang berhasil meraih prestasi cemerlang di dunia pendidikan dalam hal lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Atas capaian tersebut, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos berkesempatan mengunjungi SDN Binaan 004 Tanjungpinang Timur dan SMPN 10 Tanjungpinang, Selasa (19/3).

Dalam kesempatan itu, Hasan turut memberikan apresiasi kepada guru dan siswa atas predikat sekolah adiwiyata dan prestasi ini juga membanggakan Pemerintah Kota Tanjungpinang. “Adiwiyata diperoleh atas kerjakeras dan kerjasama dari guru dan siswa yang peduli dan berperan aktif menjaga lingkungan. Setiap sekolah tentu memiliki peran yang sangat penting dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melalui pendekatan perubahan perilaku peserta didik. Maka diharapkan, prestasi SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur dan SMPN 10 dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan gerakan perilaku dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah,” ucap Hasan.

Hasan berharap, sekolah adiwiyata ini dapat terus dipertahankan dan menjadi contoh. “Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terimakasih dan ikut merasa bangga karena SDN Binaan 004 Tanjungpinang Timur berhasil dinobatkan sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan SMPN 10 Tanjungpinang menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional. Semoga capaian dapat terus dipertahankan,” sambung Hasan.

Terakhir Hasan berpesan kepada seluruh siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik di sekolah, lingkungan rumah, juga ruang publik. “Karena dimulai dari lingkungan yang bersih dan nyaman, adik-adik semua akan menjadi lebih bersemangat untuk belajar dan menghasilkan murid berprestasi. Dapat kita rasakan, lingkungan sekolah disini teduh, nyaman, asri, dan anak-anak juga dapat menyalurkan hobinya berkebun dilingkungan sekolah. Maka lanjutkan hal yang sudah baik dan terus berinovasi untuk kemajuan sekolah,” tutupnya.

Diketahui, SDN Binaan 004 Tanjungpinang Timur tidak hanya berhasil mencapai status sekolah Adiwiyata Mandiri, tetapi juga masuk dalam 20 sekolah Adiwiyata Mandiri terbaik dari 134 sekolah adiwiyata mandiri di tahun 2023, dan merupakan sekolah Adiwiyata Mandiri pertama di Kota Tanjungpinang sejak ibukota provinsi Kepri ini mengikuti program nasional yang dikenal dengan program Adiwiyata di tahun 2012.

Adapun terdapat empat tingkatan dalam penghargaan tersebut yaitu Adiwiyata Kota, Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri.

Penulis: Budi

Editor: Herman

banner 120x600