Tingkatkan Kualitas SDM dan UMKM di Kepulauan Meranti, E. Miratna Rangkul Coffeshop di Selatpanjang Selenggarakan Barista Basic Training.

Tingkatkan Kualitas SDM dan UMKM di Kepulauan Meranti, E.

DK-Selatpanjang – Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kepulauan Meranti, E.Miratna (Nanak) sukses menyelenggarakan Barista Basic Training selama dua hari.

Acara yang diselenggarakan pada 3-4 Februari 2024 dengan penyajian teori di hari pertama dan praktik di hari kedua ini diharapkan dapat memberikan basic knowledge tentang pembuatan kopi kepada anak-anak muda di Meranti.

“Kita berharap dengan pelatihan ini kedepannya dapat mengembangkan diri dalam menghadapi ketatnya dunia kerja” ungkap nanak.

Lebih lanjut Nanak yang juga merupakan caleg DPRD Partai NASDEM No urut 9 dapil I Kepulauan Meranti itu juga berpesan agar semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius.

“Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga tetapi juga menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan profesional dalam industri kopi” ujar Nanak.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya terus berkomitmen mendukung pengembangan kualitas SDM dan UMKM di Kepulauan Meranti melalui inisiatif-inisiatif positif seperti Barista Basic Training.

Di kesempatan lain, Fitriadi Mirtha yang kerap disapa Adi selaku owner DIKOPI berharap adanya dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Daerah kepada Pelaku UMKM. “Kita berharap, semoga kedepannya Pemerintah pusat maupun daerah dapat lebih memberi dukungan kepada semua pelaku UMKM dalam pengembangan Food and Beverage (FnB) serta peningkatan Sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat mendongkrak perekonomian baik itu micro dan makro” ujar Adi.

Ditempat yang sama, Desvi Heriyani selaku Headbar di beberapa coffeeshop ternama di Pekanbaru yang juga merupakan team dikopi turut memberi arahan dan membimbing peserta.

“Adapun peserta diperkenalkan pada dasar-dasar seni barista, memahami jenis kopi, serta teknik pembuatan kopi yang berkualitas. Sementara pada hari kedua, peserta langsung mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam sesi praktek dengan tujuan memperoleh keterampilan langsung dalam membuat kopi yang berkualitas dan penyajian yang estetis” ujar Desvi.

Penulis: Budi

Editor: Herman

banner 120x600