Resmikan Kawasan Kuliner Anjung Cahaya, Hasan Harapkan Mampu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Resmikan Kawasan Kuliner Anjung Cahaya

(Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Usai dilakukan revitalisasi dan penataan, Anjung Cahaya diharapkan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Tanjungpinang khususnya di bidang wisata kuliner. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos saat meresmikan kawasan kuliner Anjung Cahaya, Tepi Laut, Sabtu (27/01).

Hasan menyampaikan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah melakukan pembangunan dan penataan sejumlah kawasan kuliner. “Salah satunya kawasan Anjung Cahaya ini yang merupakan tempat kuliner ke-3 yang diresmikan setelah Akau Potong Lembu dan Street Food Bintan Center. Penataan kawasan kuliner Anjung Cahaya ini dibuat lebih representatif sebagai tempat berjualan bagi UMKM kita yaitu pedagang kaki lima yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Ditambahkannya, pembangunan penataan kawasan kuliner ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023 melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. “Dibangun kios sebanyak 52 unit dan beberapa fasilitas penunjang lainnya dan telah diisi oleh pedagang kaki lima yang memang sebelumnya telah berjualan dikawasan ini,” jelas Hasan.

Menurutnya, penataan kawasan yang dilakukan tanpa menghilangkan konsep yang sudah ada yaitu tempat jajanan kuliner dan ngopi. “Dengan konsep yang tetap dipertahankan, area terbuka atau area publik untuk bersantai dan berkumpul sambil menikmati sunset di sore hari. Kita jadikan kawasan ini sebagai ikon Tanjungpinang yang diharapkan menjadi alternatif pilihan kuliner dan turut meramaikan kawasan tepi laut,” harap Hasan.

Terakhir, Hasan berpesan kepada BUMD sebagai pihak pengelola, pedagang juga pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan kawasan anjung cahaya. “Kelola dengan baik agar kawasan kuliner ini semakin ramai dan diminati, dan yang paling penting jaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Bersama kita lakukan evaluasi setiap 3 bulan, untuk melihat apa yang perlu dibenahi dan disempurnakan kedepannya. Semoga dengan dukungan dan komitmen bersama, pertumbuhan ekonomi semakin baik dan turut meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kecil,” tutupnya.

Penulis: Budi

Editor: Herman

banner 120x600