Upacara Hari Jadi ke-240 Tanjungpinang, Hasan Ajak Perkuat Tekad Membangun dan Memajukan Daerah

Upacara Hari Jadi ke-240 Tanjungpinang, Hasan Ajak Perkuat Tekad Membangun dan Memajukan Daerah (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Sempena peringatan Hari Jadi ke-240 Tanjungpinang, Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan upacara bendera yang diikuti Forkopimda, Mantan Wali Kota, LAM, instansi vertikal, perbankan, serta organisasi masyarakat. Bertindak sebagai inspektur upacara, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos, di halaman kantor Wali Kota, Senggarang, Sabtu (6/1).

Diawal amanatnya, Hasan menyampaikan syabas dan tahniah atas peringatan Hari Jadi ke-240 Tanjungpinang dengan rasa syukur dan kegembiraan. “Alhamdulillah, hari ini di usia ke-240 tahun, kita semua dapat bersama-sama dengan penuh rasa syukur memperingatinya. Sebagai momentum mengingat sejarah masa lampau dalam memperjuangkan Kota Tanjungpinang oleh leluhur, saat ini kita yang melanjutkan perjuangan untuk bersama-sama membangun Tanjungpinang ke arah lebih baik lagi,” ungkapnya.

Hasan berharap dapat mengimplementasan tema hari jadi yaitu Kearifan lokal potensi inovasi daya saing dan kreativitas. “Kita harus memanfaatkan kearifan lokal yang ada di Tanjungpinang untuk membangun kota yang lebih maju dan sejahtera. Kearifan lokal yang dimaksud ialah sesuatu yang ada di masyarakat seperti dalam bidang seni, kebudayaan dan lainnya. Selain itu, kita juga harus mampu berupaya memanfaatkan dan mengolah potensi yang ada seperti kepariwisataan, kelautan, perikanan, sumber daya alam, sumber daya manusia dan jasa perdagangan. Maka jika kita terus mengembangkan inovasi yang ada maka Kota Tanjungpinang akan lebih meningkatkan daya saing karena melihat kondisi Kota Tanjungpinang berdekatan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan negara ASEAN lainnya dalam berbagai sektor seperti ekonomi, keunggulan daerah,sektor sejarah, kebudayaan, destinasi kepariwisataan dan sektor sektor lainnya yang akan terus berkembang,” lanjutnya.

Dikatakannya, Tanjungpinang merupakan sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya sehingga peringatan hari jadi ke-240 Tanjungpinang dapat dijadikan momentum penting bagi masyarakat untuk merenungkan perjalanan panjang kota ini dan memperkuat tekad untuk memajukan Tanjungpinang ke masa depan yang lebih baik. “Perayaan hari jadi ke 240 ini adalah kesempatan bagi kita untuk merayakan prestasi Kota Tanjungpinang dan menghargai warisan budaya yang telah kita terima dari para pendahulu kita. Selain itu peringatan hari jadi juga harus menjadi momen refleksi bagi kita semua untuk memikirkan bagaimana kita dapat memajukan Tanjungpinang ke masa depan yang lebih baik,” ujar Hasan.

Pada tahun 2024 ini Hasan mengatakan merupakan tahun yang sangat penting tidak saja untuk Pemerintah Kota Tanjungpinang tapi tentunya juga seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang tanpa terkecuali. “Karena pada tahun ini, masing-masing kita mengemban amanah yang akan menentukan arah pembangunan Kota Tanjungpinang ke depan, yang dimulai dari partisipasi dalam Pemilihan Umum secara serentak. Selanjutnya akan menyempurnakan dan mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Tanjungpinang tahun 2025-2045 serta penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Tanjungpinang 2025-2029 yang merupakan penjabaran visi misi Wali Kota Tanjungpinang periode 2025-2029,” sebut Hasan.

Terakhir Hasan mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersama-sama membangun Kota Tanjungpinang, menjaga serta memastikan jalnnya pelaksanaan pesta demokrasi. “Sempena peringatan hari jadi ini, diharapkan bersama-sama membangun,  berkolaborasi serta memanfaatkan kearifan lokal, terus berinovasi serta meningkatkan daya saing dan kreatif dalam menjalankan tugas sebagai abdi egara dan pelayan masyarakat. Juga pelaksanaan Pemilu 2024 nanti berjalan dengan lancar sukses, aman, kondusif dan berintegritas,” pungkasnya.

Penulis: Budi

Editor: Herman

banner 120x600