Upaya Tingkatkan Hasil, Hasan Serahkan Bantuan Sarana Pertanian dan Perikanan

Upaya Tingkatkan Hasil, Hasan Serahkan Bantuan Sarana Pertanian dan Perikanan (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Melalui Dana Insentif Fiskal, Pemerintah Kota Tanjungpinang menyalurkan dengan memberikan bantuan sarana pertanian dan perikanan sebagai upaya peningkatan hasil tani dan perikanan. Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan kelompok pembudidaya ikan, di Pasar Gerai Pangan, Hang Lekir, Minggu (17/12).

Hasan mengatakan, bantuan ini menjadi salah satu prioritas karena sektor pertanian dan perikanan memiliki peran penting dalam ekonomi pangan. “Pertanian adalah sumber utama produksi bahan pangan, seperti tanaman pangan, sayuran, buah-buahan dan lainnya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Sedangkan sektor perikanan memberikan sumber protein hewani yang penting dalam konsumsi makanan. Maka penting untuk mengelola kedua sektor ini dengan bijak agar dampak lingkungan dan sosialnya tetap terkendali dan berkelanjutan,” ucapnya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Hasan, diperlukan sarana dan prasarana seperti infrastruktur, fasilitas dan alat untuk mendukung produksi pengelolaan dan pemasarannya. “Sarana dan prasarana tersebut digunakan dalam berbagai aspek, mulai dari pengolahan lahan pertanian hingga penyimpanan hasil panen, termasuk fasilitas untuk budidaya ikan dan pengolahan produk perikanan. Dengan terpenuhinya sarana dan prasarana tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian dan perikanan,” lanjutnya.

Terkait dana insentif, Hasan menjelaskan bahwa anggaran tersebut merupakan bentuk penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada daerah yang dianggap berhasil menjalankan pergerakan APBD maupun menekan angka inflasi. “Selanjutnya Dana Insentif Fiskal tersebut disalurkan kepada masyarakat untuk membantu pergerakan demi kemajuan kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat bermanfaat dan berdampak positif bagi pengembangan bidang pertanian dan perikanan, serta kesejahteraan masyarakat,” jelas Hasan.

Terakhir Hasan berharap dengan bantuan ini turut membantu pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan dan memanfaatkan bantuan secara berkelanjutan. “Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang, mengucapkan terima kasih kepada para petani dan pembudidaya ikan yang terus berupaya untuk kemajuan usaha. Semoga dengan meningkatnya produksi berdampak pada ketersediaan pangan di kota Tanjungpinang yang akan turut menjaga inflasi,” pungkasnya.

Adapun bantuan sarana yang diberikan di bidang pertanian kepada kelompok tani Tanjung Siambang Maju berupa mesin pompa air 1 unit, 1 unit traktor tangan roda 2, benih cabe 8 kemasan, gerobak 4 buah, mulsa 6 gulung, hand sprayer 6 unit, pupuk KCL 150 kg, pupuk NPK15 450 kg, pupuk NPK16 450 kg, pupuk TSP 150 kg, pupuk kompos 1.500 kg, pupuk organik (kandang) 1.500 kg, pestisida 5 kemasan dan polybag 2 kg.

Kelompok tani Air Bukit Jaya berupa mesin pompa air 1 unit, 1 unit traktor tangan roda 2, benih cabe 8 kemasan, gerobak 2 buah, mulsa 6 gulung, hand sprayer 1 unit, pupuk KCL 150 kg, pupuk NPK15 450 kg, pupuk NPK16 450 kg, pupuk TSP 150 kg, pupuk kompos 1.500 kg, pupuk organik 1.500 kg, pestisida 5 kemasan dan polybag 2 kg.

Kelompok tani Madong Jaya berupa mesin pompa air 1 unit, gerobak 1 buah, hand sprayer 1 unit dan polybag 2 kg.

Kelompok tani Makmur Barokah berupa 1 unit kendaraan dinas roda 3, polybag 34 kg, gerobak 1 unit, benih cabe 8 kemasan, pupuk calnit 100 kg, pupuk KNO3 100 kg, pupuk ZA 100 kg dan pupuk map 100 kg.

Selanjutnya bantuan di bidang perikanan untuk dua kelompok yaitu Pokdakan Lautan Tawar dan Pokdakan Budidaya Maju mendapat bantuan bioflok, masing-masing mendapatkan aerator 2 unit, bahan bioflok 1 paket, bak terpal 4 paket, serokan ikan 4 buah, bibit lele 16.000 ekor, pakan halus 500 kg dan pakan kasar 1.095 kg.

Budidaya ikan dalam ember untuk 6 kelompok, yaitu KWT Sri Kandi Ceria, Pokdakan Sejahtera Bersama, KWT Berani Maju, KWT Palm Putri, KWT Perkasa dan KWT Sekar Sari masing-masing mendapatkan bantuan berupa arang 5 kg, benih kangkung 1 kg, Ember 50 buah, selang air 30 meter, wadah tanaman 500 buah, bibit lele 5.000 ekor, pakan halus 140 kg dan pakan kasar 360 kg.

Budidaya ikan air laut untuk 5 kelompok, yaitu Pokdakan Tuah Laut, Pokdakan Tanjung Duku Jaya, Pokdakan Raja Ketam, Pokdakan Rasa Sayang dan Pokdakan Lumba-lumba Putih masing-masing mendapatkan bantuan berupa bibit kerapu 1.800 ekor dan jaring keramba 38,4 kg.

Penulis: Budi

Editor: Herman

banner 120x600