BATAM  

Tiga Prioritas Sirajudin Nur di DPD RI

Tiga Prioritas Sirajudin Nur di DPD RI

DK-BATAM-Tiga Prioritas Sirajudin Nur di DPD RI Tiga prioritas kerja yang dimaksud adalah program internet gratis di 1.200 lokasi fasilitas publik,12.000 beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, dan program 1.000 wirausaha baru di Kepri.

Ketiga prioritas kerja tersebut merupakan janji kampanye Sirajudin Nur jika terpilih menjadi Anggota DPD RI 2024 – 2029.

Ditemui di bilangan Batam Centre rabu lalu (29/11), Sirajudin Nur menegaskan tekadnya untuk mewujudkan ketiga program prioritas tersebut untuk menjawab persoalan ketimpangan akses pendidikan tinggi bagi warga kurang mampu, memperluas kesempatan masyarakat untuk dapat mengakses informasi, dan memperluas kesempatan kerja dan berusaha bagi masyarakat.

“Kita semua punya tanggung jawab untuk menuntaskan persoalan kesenjangan akses pendidikan di Kepri. Pendidikan untuk semua adalah sebuah keniscayaan ditengah isu komersialisasi dunia pendidikan di indonesia. Dukungan biaya pendidikan seperti beasiswa bagi keluarga miskin dan siswa atau mahasiswa berprestasi perlu terus dimaksimalkan melalui kebijakan anggaran yang pro pada pendidikan”.

Selain itu Perluasan akses terhadap informasi untuk seluruh masyarakat semestinya dapat di fasilitasi pemerintah melalui kebijakan interner gratis di ruang publik.

“Kita ingin masyarakat yang ada di perkotaan maupun di pedesaan, pulau terpencil, dapat mengakses internet tanpa kendala infrastruktur dan biaya kuota. Mengingat akses terhadap informasi ini penting sebagai upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, juga bisa mendukung aktifitas ekonomi kerakyatan”. Ucap Sirajudin Nur.

Program Prioritas Kerja ketiga yang tidak kalah penting dan strategisnya adalah program wirausaha muda yang akan menyasar kalangan muda untuk dapat berkontribusi bagi perekonomian daerah dan menekan angka pengangguran yang terus meningkat.

“Salah satu upaya terbaik untuk memperluas kesempatan kerja, mengurangi pengangguran adalah melalui program wirausaha muda yang akan memberi dampak luas bagi pertumbuhan ekonomi. Kita ingin anak anak muda ini dibantu berkembang dan berdaya guna dalam usaha ekonomi yang produktif melalui pelatihan, pendampingan manajerial dan subsidi modal. Semakin banyak wirausaha muda yang tercipta, tentu akan membuka lebih banyak kesempatan kerja”. Tuturnya

Menurut Sirajudin Nur, DPD RI memliki peran penting dalam memperjuangkan isu keadilan dan keseteraan dalam kesempatan dan pembangunan. Sebagai mitra pemerintah pusat, melalui kementerian kementerian terkait, DPD RI punya kuasa yang bisa digunakan untuk mempengaruhi kebijakan.

“Lembaga DPD RI ini strategis karena merupakan lembaga yang memiliki kewenangan mewakili kepentingan daerah. Tentu punya kuasa dan kedudukan yang penting dalam sistem pemerintahan nasional, sepanjang fungsi dan kedudukan ini bisa difungsikan secara benar dan maksimal serta terampil.

Sirajudin Nur menegaskan bahwa DPD RI sebagai lembaga negara diakui keberadaan dan kedudukannya dalam politik dan perundangan, karena itu dibutuhkan anggota perwakilan daerah yang terampil memainkan perannya agar dapat sungguh sungguh membawa manfaat bagi daerah.

“Sebagai perwakilan daerah, tentu kapasitas dan kompetensi anggota DPD RI akan sangat berpengaruh bagi kepentingan pembangunan daerah. Jadi ini bukan soal pemilihan wakil daerah berdasarkan kesukuan, kelompok apalagi identitas keagamaan, tapi ini memilih wakil daerah yang akan memperjuangkan seluruh masyarakat di daerah tanpa memandang suku bangsa, agama dan golongan”.

Penulis: Herman

Editor: Budi

banner 120x600