Rapat Kerja PKK, Hasan Harapkan Fokus Program Penurunan Stunting dan Pengentasan Kemiskinan

Rapat Kerja PKK, Hasan Harapkan Fokus Program Penurunan Stunting dan Pengentasan Kemiskinan (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos mengikuti rapat kerja TP-PKK Kota Tanjungpinang sekaligus membahas program kerja bersama ketua PKK dan jajaran kelompok kerja (pokja) PKK. Rapat dilaksanakan di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota, Rabu (22/11).

Dalam arahannya, Hasan menyampaikan bahwa TP-PKK merupakan mitra Pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dimulai dari lingkup terkecil yakni keluarga. “PKK sebagai mitra Pemerintah diharapkan menjadi agen perubahan yang efektif untuk mengurangi kesenjangan dalam masyarakat. Selain itu dengan kolaborasi bersama Pemerintah, PKK turut mendukung dan berperan dalam menurunkan angka stunting dan pengentasan kemiskinan” ucapnya.

Karena berada di tengah masyarakat, melalui PKK Hasan berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait asupan gizi anak untuk penanganan stunting. “Pentingnya pengetahuan dan kesadaran orang tua balita terhadap pemberian makanan yang bergizi bagi anak yang terdampak stunting. Asupan makanan yang bergizi tidak harus makanan yang mahal, daerah kita yang dikelilingi lautan sangat mudah untuk mendapatkan protein hewani yang menjadi faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Maka diharapkan peran kader PKK bersama posyandu untuk menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat,” ungkapnya.

Terkait pengentasan kemiskinan, Hasan mengatakan bahwa kesejahteraan masyarakat yang identik dengan ekonomi merupakan salah satu permasalahan yang dapat muncul dengan diiringi kemiskinan. “Salah satu gerakan PKK adalah mengentaskan kemiskinan dan meminimalkan pengangguran dengan meningkatkan pendapatan keluarga melalui peningkatan berbagai jenis UMKM. Maka pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu solusinya yang juga perlu dilakukan pendampingan,” sebutnya.

Untuk itu Hasan berharap, PKK dapat menyusun program kerja dan kegiatan yang turut mendukung tercapainya program nasional. “Bersama kita laksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, seperti kegiatan-kegiatan untuk penurunan jumlah stunting, keaktifan posyandu, dapur sehat untuk tambahan makanan bagi balita beresiko stunting, juga pendampingan dan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Rani Hasan menambahkan bahwa pelaksanaan rapat kerja ini bertujuan juga untuk mengevaluasi pelaksanaan program yang telah dijalankan, menyusun program, berkonsultasi dan memantapkan program kerja tahun 2024. “Kepada seluruh jajaran pengurus PKK agar dapat memperhatikan dengan seksama dan mengambil langkah-langkah terencana, visioner, inovatif, dan inklusif agar program kerja PKK dapat dipersiapkan dengan matang yang memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat,” sebutnya.

Lanjut disampaikannya, PKK berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran keluarga dalam mendidik, melindungi, dan mempromosikan kesejahteraan anggota keluarga. “Untuk itu PKK dapat melaksanakan program-program yang mendorong interaksi positif antar anggota keluarga, serta menyediakan bimbingan dan konseling keluarga dalam menghadapi perubahan sosial yang kompleks. Dengan memperkuat keluarga, kita dapat membangun masyarakat yang kuat dan sehat secara keseluruhan,” tuturnya.

Selanjutnya dilaksanakan pemaparan dan pembahasan dari masing-masing pokja. Juga penyerahan piala bagi  pemenang lomba yel-yel, defile, dan rangking satu pada pelaksanaan jambore PKK yang telah dilaksanakan.

Penulis: Herman

Editor: Budi

 

banner 120x600