Diskominfo Gelar Sosialisasi Layanan Keamanan Informasi Saat Gunakan Aplikasi Cyberhat dan Selection

Kadis Kominfo saat menggelar diskusi (dok: Kominfo)
Kadis Kominfo saat menggelar diskusi (dok: Kominfo)

DK – Tanjungpinang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang, menggelar sosialisasi layanan keamanan informasi menggunakan aplikasi cyberhat dan selection dilingkungan Pemko Tanjungpinang, Kamis (9/11/2023) di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Diskominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto,ST, telah diikuti puluhan peserta, diantaranya perwakilan sekretaris OPD-OPD, kepala bagian, dan pihak RSUD Tanjungpinang, dan ASN Pemko Tanjungpinang secara daring.

Dalam kesempatan itu, Teguh menyampaikan, penyediaan layanan keamanan informasi menggunakan aplikasi cyberchat dan selection merupakan upaya perlindungan informasi melalui penyediaan perangkat teknologi keamanan informasi dan jaring komunikasi sandi.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan aturan yang tertuang dalam perwako Tanjungpinang nomor 57 tahun 2023 tentang pedoman penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi.

Disamping itu, Teguh melanjutkan, selain menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang komunikasi dan informatika, Diskominfo juga menyelenggarakan urusan pemerintah bidang statistik dan persandian.

Menurutnya, kegiatan pada urusan persandian salah satunya yakni penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari upaya penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), pada domain keamanan dilingkungan Pemko Tanjungpinang.

“Tentunya hal ini sangat dipandang penting mengingat peningkatan penerapan keamanan informasi dapat meningkatkan capaian indeks SPBE,” ucapnya.

Maka dari itu, lanjut dia, perlu melakukan komitmen semua pihak dalam merealisasikan tugas dan fungsi urusan persandian didaerah.

“Diantaranya melaksanakan tata kelola persandian dalam rangka penjamin keamanan informasi, melaksanakan pengelolaan sumber daya persandian dilingkungan pemko,” ujarnya.

Kendati demikian, kegiatan yang juga dihadiri oleh narasumber dari Direktorat Operasi Sandi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Asep Dodi Sudrajat itu, maka diharapkan kepada seluruh peserta dapat meningkatkan kesadaran terhadap keamanan informasi.

Peserta seminar (dok:Kominfo)

“Sehingga dapat mewujudkan informasi yang baik, aman dilingkungan kerja dan pribadi. Dan saya harap kegiatan ini dapat mencapai tujuan dan memberikan manfaat yang besar dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efesien,” tuturnya.(Adv/Dinas Kominfo)

Penulis: Herman/Kominfo

Editor: Budi

banner 120x600