Hasan Harapkan Kontribusi Camat, Lurah dan PKK Untuk Jalankan Program Pemerintah di Masyarakat

Hasan Harapkan Kontribusi Camat, Lurah dan PKK Untuk Jalankan Program Pemerintah di Masyarakat (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos memimpin rapat koordinasi bersama Camat, Lurah dan Tim Penggerak PKK. Rapat dilaksanakan di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota, Selasa (7/11).

Dalam arahannya, Hasan menyampaikan apresiasi atas kinerja Camat dan Lurah yang telah melaksanakan program pemerintah untuk kepentingan masyarakat. “Terima kasih kepada jajaran kecamatan, kelurahan dan kontribusi PKK yang telah memberikan pelayanan bagi masyarakat dalam menjalankan program Pemerintah. Melalui peran camat, lurah dan PKK bersama Pemerintah, kita berkolaborasi dalam penanganan kemiskinan, stunting dan pelaksanaan posyandu demi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Hasan juga mengajak untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan dengan menggalakkan kegiatan gotong-royong yang melibatkan masyarakat. “Dengan sosialisasi dan memberikan contoh dalam aksi nyata, kita galakkan lagi budaya gotong-royong rutin di masyarakat. Bangun komunikasi untuk mengajak warga masyarakat ikut serta dalam kegiatan gotong-royong dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah juga akan mengupayakan sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksanaanya,” sebutnya.

Selain itu, jelang pelaksanaan Pemilu diharapkan untuk menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing. “Berkaitan dengan wacana-wacana calon legislatif, diharapkan Camat, Lurah dan juga PKK juga memperhatikan berita hoaxs yang beredar di tengah-tengah masyarakat menjelang pemilu yang mungkin saja dapat memicu kesenjangan di masyarakat. Oleh karenanya kita harus intens dalam melakukan monitoring sehingga isu yang beredar bisa segera ditindaklanjuti demi keamanan dan ketertiban warga masyarakat,” imbau Hasan.

Hasan juga membahas terkait penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dalam mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045. Menurutnya perencanaan yang dilakukan tidak hanya didasari pada tren masa lalu tetapi juga pada cita-cita yang akan dicapai 20 tahun mendatang. “Dalam penyusunan RPJPD hendaknya mengacu kepada RPJPN Tahun 2025-2045 yang terdiri dari 4 pentahapan. Tahapan pertama tahun 2025-2029 untuk perkuatan Fondasi Transformasi, tahapan kedua gahun 2030-2034 Akselerasi Transformasi, tahapan ketiga tahun 2035-2039 Ekspansi Global, dan tahapan keempat tahun 2040-2045 perwujudan Indonesia Emas. Untuk itu kita akan melakukan sosialisasi dan orentasi penyusunan RPJPD untuk membangun sebuah konsensus atau kesepakatan bersama dan menciptakan peradaban yang lebih baik bagi masyarakat,” jelasnya.

Terakhir Hasan mengharapkan kepada Camat, Lurah, dan PKK untuk intens melakukan koordinasi sebagai upaya memaksimalkan perencanaan pembangunan Kota Tanjungpinang. “Lakukan koordinasi dan komunikasi dengan warga di wilayah masing-masing dalam menunjang kelancaran dan keberhasilan pembangunan Kota Tanjungpinang. Tetap koordinasikan setiap permasalah dan isu yang terjadi untuk kita rembukan bersama untuk mencari solusi bersama,” pungkasnya.

Penulis: Herman

Editor: Budi

banner 120x600