KPU Tetapkan 423 DCT

KPU Tetapkan 423 DCT (Dok: Lanni)

DK- Tanjungpinang- KPU Tanjungpinang telah resmi umumkan ratusan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilu 2024 mendatang.

Sebanyak 423 Daftar Calon Tetap anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang dikeluarkan KPU Tanjungpinang merupakan hasil 18 Partai Politik dalam mengusulkan para calon legislatifnya.

Muhammad Faizal Ketua KPU Tanjungpinang mengatakan dari 423 Caleg yang ditetapkan, tidak ada pengurangan data Bacaleg yang masuk DCS untuk ditetapkan menjadi DCT dari 18 Partai Politik (Parpol) yang telah mengajukan perwakilan Calegnya.

“Alhamdulillah kemarin siang kami sudah melaksanakan pleno, dan sudah kita tetapkan. Sehingga hari ini kita umumkan melalui media masa,” kata Faizal di Kantor KPU Tanjungpinang, Sabtu (4/11/2023).

Namun, Faizal menuturkan ada partai yang mengajukan pergantian Caleg, tapi menurutnya tidak ada perubahan pada jumlah DCT.

“Kemarin ada sekitar 10 Caleg yang diajukan partainya untuk melakukan pergantian Caleg,” ujarnya.

Dari 423 Daftar Calon Tetap diumumkan itu, terdiri 263 laki-laki dan 160 orang perempuan. Jika dipersentasikan, calon keterwakilan perempuan mencapai 37,8 persen.

“Sehingga rata-rata parpol itu sudah memenuhi kuota keterwakilan perempuan yakni 30 persen,” jelasnya.

Faizal mengaku bahwa keikutsertaan kaum milenial yang terjun ke dunia politik pada Pemilu 2024 cukup banyak, hal ini tentu akan menambah semarak politik di tahun mendatang.

Tak hanya itu, dari sisi kualitas pendidikan juga, Faizal menuturkan terjadi peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, artinya pada pemilu tahun ini keikutsertaan pada tingkat sarjana keatas lebih banyak.

“Kita berharap dengan naiknya kualitas pendidikan ini, berbanding lurus dengan kualitas kepemimpinan nanti setelah menjabat,” pungkasnya.

Penulis: Lanni

Editor: Herman

banner 120x600