Pemko Tanjungpinang Terima Penghargaan Kategori Pelestarian Berkelanjutan dari Kementerian PUPR

Pemko Tanjungpinang Terima Penghargaan Kategori Pelestarian (Dok: Humpro)

DK-Tanjungpinang — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berkomitmen melakukan peningkatan permukiman perkotaan sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan ketangguhan sosial. Penghargaan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, S. Hut, pada acara puncak peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD) tahun 2023, di auditorium Kementerian PUPR, Senin (30/10).

Pemerintah Kota Tanjungpinang menerima penghargaan kategori Pelestarian Berkelanjutan bersama Pemerintah Kota Sawahlunto, Kabupaten Siak, Kota Semarang, Kota Singkawang, dan Kota Ternate. Penilaian apresiasi cagar budaya berkelanjutan dilakukan terhadap 15 kabupaten/kota yang memiliki komitmen dalam pelestarian kota pusaka dengan kriteria penilaian meliputi tata kelola dan kelembagaan, olah desain, informasi edukasi dan promosi, ekonomi pusaka, pengembangan kehidupan kebudayaan.

Basuki menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang terus menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan pelestarian kota berkelanjutan, juga manajemen dalam optimaliasi kinerja tempat pengelolaan sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS-3R). “Dengan penilaian kota-kota pelestarian berkelanjutan dan manajemen TPS-3R yang baik, diberikan apresiasi kepada semua peraih penghargaan sebesar 5 miliar dalam bentuk program pembangunan melalui Ditjen Cipta Karya untuk tahun 2024,” ucap Menteri Basuki.

Ditambahkannya, apresiasi pelestarian berkelanjutan diberikan untuk menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya dalam melestarikan urban heritage dan mendorong semangat pemanfaatan dan pelestarian cagar budaya. “Saya kira kita harus betul-betul menghargai kota pusaka sebagai pelestarian berkelanjutan,” tambahnya.

Terpisah, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima. “Alhamdulillah, Pemko Tanjungpinang mendapat apresiasi dari Kementerian PUPR atas upaya dalam melakukan peningkatan permukiman perkotaan. Mudah-mudahan dengan apresiasi yang diberikan ini menambah semangat dan motivasi bagi Pemko Tanjungpinang melalui perangkat daerah terkait untuk meningkatkan infrastruktur, sehingga diharapkan kota Tanjungpinang semakin nyaman,” ungkapnya.

Melalui momentum Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia, Hasan berharap akan menambah semangat untuk peningkatan infrastruktur dan berdampak pada peningkatan ekonomi. “Semoga momentum peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia, dapat menginspirasi kita untuk membangun kawasan perkotaan yang tertata, pelestarian kota, dan bebas permukiman kumuh,” harap Hasan.

Penulis: Herman

Editor: Budi

banner 120x600