Simulasi Sispamkota Bak Drama Kolosal

Simulasi Sispamkota Bak Drama Kolosal

(Dok: Lanni)

DK-Tanjungpinang –Polresta Tanjungpinang menggelar pelatihan simulasi Sispamkota ( Sistem Pengamanan Kota) depan Gelora Sri Tri Buana Dompak, Rabu (18/10).

Dalam simulasi Sispamkota Polresta Tanjungpinang itu disaksikan langsung Pj Walikota Tanjungpinang, KPU, Bawaslu Tanjungpinang, DPRD Kota Tanjungpinang, FKPD dan Partai Politik.

Ada yang menarik dari kegiatan simulasi tersebut. Para partisipan yang turut dalam simulasi berlaku total seakan-akan kejadian itu nyata bukan direkayasa. Simulasi aksi demo ke KPU sebagai bentuk protes menjadi babak yang paling seru dan menarik perhatian hingga diturunkannya water Canon, dan bala bantuan peluru karet.

Pada Sispamkota Polresta Tanjungpinang tersebut ratusan personil di tambah BKO Brimob Polda Kepri di terjunkan dalam persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu mengatakan pada hari ini bersama Pj Walikota, DPRD, KPU, Bawaslu dan Partai Politik sama sama menyaksikan simulasi Sispamkota.

“Tahapan tahapan yang kita simulasikan awal dari pengamanan logistik, masa tenang, kampanye, pengamanan perhitungan suara, pengamanan KPU dimana terdapat beberapa kelompok yang tidak puas atas pemungutan suara,” jelas Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu.

Mengenai gejolak ataupun kerusuhan di Tanjungpinang, Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu menyampaikan masih minim namun pihaknya akan terus melakukan antisipasi.

“Simulasi ini menggambarkan kepada masyarakat dan seluruh partai bahwa Polri TNI siap umtuk mengamankan Pemilu 2024,” jelasnya.

Terkait lokasi titik kerawanan, pihak Kepolisian sementara waktu mendapati satu lokasi rawan yakni di Pulau Penyengat mengingat lokasi tersebut terpisahkan oleh lautan.

“Ada satu yang kita tentukan atau kita flooting personil dengan maksimal untuk mengamankan logistik harus sampai dengan selamat karena dibatasi lautan yaitu Pulau Penyengat,” jelas Kapolres.

Satu hari sebelumnya, Polresta Tanjungpinang juga menggelar Operasi Mantap Brata dalam persiapan pengaman Pemilu 2024. Di Pamedan dan pelaksanaannya selama 222 hari dari 19 Oktober 2023 hingga 10 Oktober 2024.

Penulis: Lanni

Editor: Herman

banner 120x600