Hasan Harapkan Relawan Damkar Sebagai Pencegah dan Penanggulangan Dini Kebakaran

Hasan Harapkan Relawan Damkar Sebagai Pencegah dan Penanggulangan Dini Kebakaran (Dok: Humpro)

Tanjungpinang – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) bagi relawan setiap kelurahan se-Kota Tanjungpinang. Kegiatan dibuka oleh Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos di halaman kantor Dinas Damkar dan Penyelamatan, Jalan Ir.Sutami, Selasa (26/9).

Dalam sambutannya, Hasan mengapresiasi dengan terselenggaranya pelatihan kepada redkar yang diharapkan dapat memperkuat para personel damkar dalam menjaga wilayah. “Dengan adanya relawan Damkar ini akan meningkatkan kewaspadaan terhadap tingginya ancaman bahaya kebakaran pada pemukiman, aset masyarakat, Pemerintah Daerah, kawasan lahan hutan, bahkan dunia usaha,” ujarnya.

Artinya, sambung Hasan, Redkar sebagai bagian dari masyarakat sangat diperlukan keterlibatannya dalam urusan pencegahan pelayanan dan penanggulangan dini kebakaran. “Bukan hanya kebakaran pemukiman, namun juga ikut bertanggung jawab melakukan pencegahan dini dan penanggulangan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal,” sebutnya.

Hasan berharap dengan keberadaan para redwan di setiap kelurahan dapat menentukan jumlah kawasan pemukiman yang semula menjadi daerah rawan kebakaran, menjadi daerah yang tidak lagi rawan kebakaran. “Kepada relawan dimasing masing kelurahan agar saling koordinasi, baik dengan pihak RT RW, kelurahan, hingga pihak Damkar, agar lingkungan tempat tinggal selalu aman dan terkendali,” tutup Hasan.

Selanjutnya, Hasan menyerahkan tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan perlengkapan lainnya kepada masing-masing kelurahan. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 90 orang, yang terdiri dari 5 perwakilan untuk setiap kelurahan.

Penulis: Herman

Editor: Budi

banner 120x600