Lis Hadiri Ulang Tahun Pungguan Lubis

Lis foto bersama marga Lubis (Dok: Lanni)

DK-Tanjungpinang-Dibuka dengan ibadah, Ulang tahun ke-28 pungguan (kumpulan) Si Raja Lubis Boru, bere, ibebere Tanjungpinang dan sekitarnya berjalan sukses, Sabtu (16/9).

Sedikit menukil marga Lubis adalah salah satu marga yang ada dalam ras/puak Batak yang cukup terkenal dan berasal dari Tapanuli utara (Taput). Namun seiring perkembangannya kini marga ini dikenal dan banyak bermukim di Tapanuli Selatan (Tapsel) atau lebih dikenal Mandailing angkola.

Untuk tetap bisa saling kenal dan memupuk rasa persaudaraan dan menjaga silahturahmi, sehingga marga Lubis membentuk kumpulannya di tanah perantauan.

pada milad ke-28 ini mengambil tema ‘Kesehatian Pungguan berjalan bersama Yesus Kristus’.
Pendeta Edwin Lubis membawakan kotbah yang mengambil nats Alkitab ‘1 Korintus 1 ayat 10.

usai Ibadah para hadirin yang juga memiliki anggota Muslim tersebut dijamu makan siang.

meski memiliki keyakinan berbeda, tidak mengurangi keakraban pungguan (kumpulan). Semua berbaur penuh sukacita, saling cerita bertanya kabar lalu tertawa.
“Hal seperti ini dimana lagi bisa kita jumpai kalau tidak dalam acara-acara tertentu seperti ini”, sebut J Lubis/br Siahaan selaku ketua pungguan Lubis.

Lelaki yang akrab disapa pa Ika itu juga menambahkan, pungguan ini juga bergerak dalam sosial. artinya setiap anggota memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. “Bila ada yang sakit atau berduka kita jalankan anggaran sesuai ad art pungguan kita”, tukasnya.

Sebagai kekhasan orang Batak, tidak lengkap jika tidak di sertai dengan tarian tor-tor sebagai tarian budaya Batak yang harus dilestarikan.

Usai tiup lilin dan potong kue ulang tahun, tor-tor pun di mulai yang dibagi dalam beberapa sesi.
saat jamuan makan siang, turut hadir anggota DPRD kota Tanjungpinang, Ria Ukur Rindu Tondang. bahkan anggota DPRD provinsi Kepri Bobby Jayanto turut memberikan sumbangsihnya bagi pungguan Lubis, begitu pun dengan Ricard Pasaribu, Stuman Panjaitan.

Lebih membuat pungguan ini bangga dan haru, kehadiran Lis Darmansyah yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri didampingi sang istri Yuniarni Pustoko Weni, SH. yang saat ini menjabat sebagai ketua DPRD kota Tanjungpinang.

Untuk Lis sendiri, ia tidak lagi asing bagi suku Batak yang ada diKota Gurindam. ia dikenal cukup dekat dengan warga Batak.

kehadirannya ditengah punguan tersebut tak lain adalah untuk menjaga kondusitas terutama terkait isu sara. Ia mengucapkan selamat ulang tahun dan berdoa semoga pungguan ini terus maju dan berkembang.

Demikian Weni, sapaan karib istri Politisi PDI-P tersebut. meminta doa kepada pungguan Lubis.

para pengurus Pungguan si Raja Lubis termasuk para penasehatnya menyambut baik kehadiran dan tujuan kedatangan Lis beserta istri.

P Lubis /br Simamora dan M Lubis/br Donggoran selaku penasehat dan yang dituahkan tidak lupa mengucapkan terimakasih atas kehadiran mantan walikota Tanjungpinang tersebut terlebih kehadirannya bertujuan positif.

 

Penulis: Lanni

Editor: Herman/Kominfo

banner 120x600