5 Puak Batak Goncang Panggung Festival Budaya

Forkopimda Tanjungpinang di festival budaya Batak (dok: Lanni)
Forkopimda Tanjungpinang di festival budaya Batak (dok: Lanni)


DK – Tanjungpinang-Walau telat dari jadwal namun ratusan warga Batak tetap setia menunggu kehadiran walikota Tanjungpinang, Rahma untuk membuka festival budaya Batak.

Kehadiran Rahma dilapangan Pamedan, disambut tor-tor sembah dari puak Simalunggun. usai menjamu walikota acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian di ikuti pembacaan doa. Pada kesempatan itu, Rahma pun diberikan ulos dan cendera mata. Penyerahan ini didampingi ketua 5 Puak dan juga Kapolresta Tanjungpinang.

penonton yang hadir pun dihibur dengan lagu-lagu Batak yang cukup populer dan juga permainan sexophone. semakin larut suasana semakin hangat dengan tampilnya ragam tarian dari 5 Puak, Jumat malam (8/9).

Walikota Tanjungpinang, Rahma berharap acara ini bisa menjadi pengobat rindu bagi warga Batak akan kampung halamannya. “mungkin ada yang sudah lama tidak pulang kampung, jadi acara ini bisa menjadi pengobat rindu. orang Batak itu terkenal suaranya besar-besar ya dan juga berani. jadi suku ini dimanapun berada pasti bisa hidup”, tukasnya yang disambut aplaus dari hadirin.

Begitupun dengan Ria ukur Rindu Tondang, anggota DPRD Tanjungpinang mengucapkan terimakasih kepada 5 Puak yang sudah bersedia mempersembahkan karyanya.

Masing-masing ketua puak pun turut hadir dan memberi semangat dalam giat ini. Seperti ketua puak Batak Toba, P Silitonga, puak Batak Simalungun, Sepman Purba, puak Batak Karo Syahrial Tarigan, Puak Batak Mandailing Angkola Sulaiman Siregar, dan ketua pak-pak Dairi Martinus Tumanggor. Begitupun dengan ketua harian Rumpun Batak Bersatu(RBB), Robinson Sialagan.

Namun ada yang menarik dari tampilan 5 Puak itu. Yakni dari puak Simalunggun yang mempersembahkan Tarian Aroan bolon. Satu-satunya puak yang persembahannya dibawakan oleh Anak Sekolah Minggu yang masih duduk di bangku SD dan SMP.

Kendati masih kecil, tampilan puak ini cukup sukses dan diberi applaus yang meriah. wajah-wajah munggil itu tampil penuh percaya diri.

Bahkan Salah seorang anak sekolah Minggu dari puak Simalunggun ini berhasil menjuarai lomba fashion show yang diadakan pada siang harinya. Dita Sipayung berhasil menduduki podium juara 2 kategori anak-anak.

setelah penampilan 5 Puak, trio tamtama kembali menghibur dan para hadirin turun ke lapangan untuk berjoget bersama. Hentakan lagu anak Medan, Jamila, mampu menguras energi hadirin yang turun berjoget.

Lebih menariknya lagi, Kapolresta Tanjungpinang, Heribertus Ompusunggu ikut menyumbangkan suaranya dengan membawakan lagu ‘O Tanoh Batak’.

Penulis: Lanni

Editor: Herman

banner 120x600