Sirajudin Nur Ucapkan Selamat Hari Polwan

Sirajudin Nur, Anggota Komisi IV DPRD Kepri (dok: semangat kepri)
Sirajudin Nur, Anggota Komisi IV DPRD Kepri (dok: semangat kepri)


DK – Advetorial – Tanggal 1 September merupakan peringatan hari Polisi Wanita. Hari Polwan menjadi salah satu hari bersejarah yang juga memperingati keterlibatan wanita di institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Seiring dengan perkembangan zaman dan waktu, Polwan tak hanya menjadi pelengkap dan solusi atas keterbatasan atau kesulitan dalam tugas-tugas kewanitaan dalam kepolisian pada kala itu.

Mengutip laman Museum Polri, polisi wanita atau polwan ini diinisiasi pada awal tahun 1948. Didasarkan pada kesulitan-kesulitan pada pemeriksaan korban, tersangka ataupun saksi wanita terutama pemeriksaan fisik untuk menangani sebuah kasus.

Hal tersebut mengakibatkan polisi sering kali meminta bantuan para istri polisi dan pegawai sipil wanita untuk melaksanakan tugas pemeriksaan fisik. Baru kemudian, lahirlah solusi untuk menangani hal tersebut dengan merekrut wanita dengan dimulai dari enam orang pelopor polwan pertama di Cabang Djawatan Kepolisian Negara untuk Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Riau daerah pemilihan Lubuk Baja, Batam Kota, Batu Ampar dan Bengkong, Sirajudin Nur memberikan ucapan selamat Hari Polwan kepada Seluruh Polisi Wanita di Indonesia.

“Selamat hari polwan hari dimana kita menghormati peran luar biasa polisi wanita dalam menjaga keamanan dan ketertiban terima kasih atas dedikasi dan kontribusinya dalam mewujudkan masyarakat yang aman. Mari terus memperkuat peran perempuan dalam penegakkan hukum,” ujar Politisi PKB tersebut (1/9/2023).

Penulis: Herman

Editor: Budi

banner 120x600