Puslitbang Polri Membuka Kegiatan Penelitian untuk Indeks Pembangunan Kesehatan Polri

Puslitbang Polri Membuka Kegiatan Penelitian untuk Indeks Pembangunan Kesehatan Polri

(Dok: Lanni)

DK-Tanjungpinang-Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri menggelar acara pembukaan kegiatan penelitian mengenai Indeks Pembangunan Kesehatan Polri di Polresta Tanjungpinang. Acara ini berlangsung di Rupatama Wicaksana Laghawa Mapolresta Tanjungpinang, Selasa (11/7).

Acara pembukaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan peserta, antara lain Kepala Tim Puslitbang Polri, Kombes Pol Frans Tjahjono, S.I.K., M.H, dan Wakapolresta Tanjungpinang AKBP Arief Robby Rachman, SH, S.I.K., M.Si. Tim Puslitbang Polri yang terdiri dari Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si, Penata Tk 1 Fajar Istiono, ST, dan Ipda Rahmat Taufik Idayat, juga turut hadir dalam acara tersebut. Pendamping dari Polda Kepri, Ipda M. Zikri, SH, MH, dan Briptu Ronaldo, SH, memberikan dukungan dalam kegiatan ini. Peserta kegiatan penelitian terdiri dari PJU Polresta Tanjungpinang, Kapolsek Jajaran Polresta Tanjungpinang, serta perwira, bintara, dan ASN Polresta Tanjungpinang.

setelah pembacaan doa. Kemudian, ditayangkan Company Profile Puslitbang Polri sebagai latar belakang kegiatan penelitian ini. Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., melalui Wakapolresta Tanjungpinang AKBP Arief Robby Rachman, SH, S.I.K., M.Si, memberikan sambutan mengucapkan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Frans Tjahjono, S.I.K, MH. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk menurunkan tekanan psikis yang dapat menyebabkan anggota Polri kehilangan kendali diri hingga melakukan tindakan bunuh diri. Beliau berharap bahwa kegiatan penelitian ini akan membantu personel Polresta Tanjungpinang dalam mengatasi gangguan psikis sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan maksimal.

Selanjutnya, Kepala Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Frans Tjahjono, S.I.K., MH, memberikan sambutan dan arahan teknis mengenai kegiatan penelitian tersebut. Beliau mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dan menjelaskan bahwa tren kasus anggota Polri yang mengalami masalah psikis cukup tinggi. Dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan kasus anggota Polri yang mengalami depresi atau gangguan psikis yang berujung pada tindakan bunuh diri. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk saling merangkul dan memberikan perhatian kepada rekan-rekan sesama.

“Tim Puslitbang Polri akan melaksanakan kegiatan penelitian mengenai Indeks Pembangunan Kesehatan Polri di Polresta Tanjungpinang. Kepala Tim Puslitbang berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius. Beliau juga menekankan pentingnya perhatian dan komunikasi yang baik antara anggota Polri serta keluarga dalam menjaga stabilitas psikologis. Selain itu, beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan, dengan berfokus pada indikator-indikator seperti kondisi kesehatan, perilaku kesehatan, akses dan pelayanan kesehatan, serta kesehatan lingkungan.” Ujar wakapolres

Kapolresta Tanjungpinang juga berharap seluruh personel Polri dan stakeholder terkait dapat mendukung terwujudnya keselamatan dan ketertiban berlalu lintas, dengan menekankan penurunan jumlah kecelakaan dan fatalitas korban. Operasi Patuh Seligi Tahun 2023 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 10 Juli hingga 23 Juli 2023, dengan fokus pada penegakan hukum menggunakan ETLE (Statis dan Mobile).

kegiatan selanjutnya akan melibatkan FGD (Focus Group Discussion) dan pelaksanaan observasi di klinik atau poliklinik sebagai bagian dari kegiatan penelitian ini.

Penulis: Lanni

Editor: Herman

banner 120x600