NATUNA  

Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Rusdi : Mari Kita Lestarikan Permainan Rakyat Tradisional Yang Ada

Rusdi bersama Warga Desa Pengadah Saat Masing Gasing (dok: FR)

Rusdi bersama Warga Desa Pengadah Saat Masing Gasing (dok: FR)

DK – Natuna – Sebagai wakil rakyat yang dipercayakan oleh masyarakat natuna dan di amanatkan oleh undang – undang, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang juga merupakan Ketua Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat (PNR), Rusdi turun langsung ke lapangan guna melihat permainan rakyat tradisional yang bertempat di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut – Kabupaten Natuna pada minggu (21/05/2023).

Permainan Rakyat tradisional perlahan – lahan mulai tergerus dikarenakan perkembangan teknologi digital yang begitu masif sebab anak – anak muda sekarang lebih cenderung bermain di smartphone, salah satu permainan rakyat tradisional yang mulai hilang yakni permainan gasing di Kabupaten Natuna.

Warga Desa Pengadah Saat Latihan Bermain Gasing (dok: FR)

Diakui Rusdi, permainan rakyat tradisional di Kabupaten Natuna ini, perlahan-lahan mulai hilang sehingga perlu dilestarikan kembali agar ini menjadi warisan bagi anak cucu dan generasi muda natuna kedepannya.

“Permainan gasing ini merupakan kegiatan tradisional masyarakat Kabupaten Natuna saat ini sudah mulai memudar, semoga saja dengan adanya latihan – latihan dan kegiatan rutin seperti perlombaan bisa bangkit kembali, maka dari itu mari kita lestarikan permainan gasing ini sebagai warisan bagi anak cucu kita kedepan” tegasnya.

Untuk itu, salah satu usulan warga Desa Pengadah yang ia terima yakni berkaitan dengan dukungan untuk melestarikan permainan gasing agar dapat dilestarikan.

Anggota DPRD Kabupaten Natuna Dapil 1, Rusdi Saat Silaturahmi Dengan Kelompok Pelestari Gasing Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut (dok: FR)

“Masyarakat juga mengusulkan agar permainan masyarakat yakni gasing ini bisa dilestarikan. Dengan dukungan dari DPRD Kabupaten Natuna kedepan olahraga tradisional masyarakat ini juga akan menjadi perhatian bagi kami,” terangnya.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Rusdi juga menerima beberapa usulan dari warga, mulai dari kebutuhan infrastruktur jalan, jembatan, air bersih hingga bantuan pertanian.

Penulis: Randa

Editor: Herman

banner 120x600