Kawasan Kota Lama Kian Menggairahkan Wisatawan

Jalan Merdeka Kawasan Kota Lama (dok: Herman)

Jalan Merdeka Kawasan Kota Lama (dok: Herman)

DK – Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad terus melakukan upaya untuk mempercantik Ibu Kota Provinsi Kepri yaitu Kota Tanjungpinang. Dibanyak kesempatan Ansar menyampaikan bahwa Kota Tanjungpinang sebagai Ibukota Provinsi Kepri sudah sepatutnya  memiliki aksesoris-aksesoris yang menunjukkan statusnya.

Salah satu wilayah destinasi yang di Kota Tanjungpinang yang dpercantik oleh Orang Nomor satu di Kepri tersebut ialah Kawasan Kota Lama.

Kawasan Kota Lama saat ini menjadi tempat beragam even yang mampu menggaet wisatawan diantaranya; Festival moon cake, peringatan sumpah pemuda dan perayaan Imlek.

Dihias dengan aneka cat yang warna-warni serta goresan tulisan sejarah area destinasi wisata ini didirikan. Cukup untuk menceritakan Tanjungpinang dengan sejarahnya dulu.

Kawasan destinasi wisata Kota Lama ini terbentang sepanjang Gerbang di Jalan Merdeka melintasi area pasar hingga pelantar 1 dan 2 yang sudah disatukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Salah satu warga Tanjungpinang yang melintasi jalan di Kawasan Kota Lama ketika kami wawancarai mengaku bangga karena wajah Tanjungpinang semakin modern dan cantik usai direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau ini.

Pelantar 1 dan 2 Kawasan Kota Lama (dok: Herman)


“Sebagai warga Pinang kami bersyukur dan ini menjadi ikon kebanggan Kota Tanjungpinang dengan pemandangan yang lebih modern di Kawasan ini. Dulu kami sangat jarang berfoto di jalan ini. Sekarang berbagai angle foto menarik bisa kami ambil di area ini,” ujar Reza salah satu warga yang berhasil kami wawancarai.

Untuk diketahui Kawasan Kota Lama merupakan salah satu destinasi wisata yang ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam Surat Keputusan Nomor 1263 tahun 2022 tentang Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri.

Ketupat Lebaran Sepanjang Jalan Merdeka (dok: Herman)


Hal ini disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kepri), Raja Heri Mukhrizal kepada awak media kemaren.

“Tertulis pada keputusan tersebut juga ditetapkan objek wisata yang ada di kabupaten/kota di Kepri,” ujarnya di Tanjungpinang. (Herman)

Editor: Budi

banner 120x600