Cara Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kepada Anak Usia Sekolah oleh Mahasiswa Profesi Ners UNRI

Mahasiswi Unri (Ist)

DK – Pekanbaru – Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sehingga tepat pada tanggal 12 Maret 2020 WHO resmi mengungkapkan bahwa Covid-19 ini sebagai pandemi. Jumlah kasus terkonfirmasi positif pada anak usia sekolah mencapai 235.527 kasus yang terdiri PAUD 30.442 kasus, TK 32.582 kasus, SD 65.634 kasus, SMP 47.267, dan SMA 59.602 kasus (Berdasarkan data BNPB, 2021).

Keperawatan komunitas merupakan praktik keperawatan klinis dan kesehatan masyarakat yang bersifat holistik, komprehensif dan berlangsung secara terus menurus dalam memelihara kesehatan baik dalam upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Perlunya peran perawat komunitas dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Anak Usia Sekolah adalah sebagai edukator tentang cara mencuci tangan dan etika batuk, hal ini perlu diajarkan terutama dimasa era New Normal saat ini dimana anak sekolah telah memulai kegiatan belajar disekolah atau bisa disebut offline.

Ners Muda dari Fakultas Keperawatan Universitas Riau saat ini sedang melakukan praktik keperawatan komunitas di Kelurahan Delima Kecamatan Binawidya. Praktik keperawatan komunitas dilaksanakan kurang lebih selama 7 minggu. Adapun pembimbing akademik dari kelompok 3 yang terdiri dari 12 anggota tim, yang diketuai oleh Dede Hidayat, S. Kep ini adalah Ibu Ns. Agrina, M.Kep., Sp.Kom., Ph.D dan Ibu Ns. Ridha, S.Kep.

“Praktik keperawatan komunitas merupakan hal yang sangat penting dan berharga buat ners muda yang nantinya akan bekerja sebagai tenaga kesehatan. Perawat bukan hanya bekerja di Rumah Sakit saja, namun dapat juga bekerja sebagai perawat komunitas, oleh sebab itu praktik keperawatan komunitas yang saat ini sedang Ners Muda jalankan akan bermanfaat sebagai pembelajaran yang baru bagi ners muda sebelum memasuki dunia pekerjaan nantinya,“ ungkap ibu Agrina (Selaku dosen pembimbing akademik).

Selama melaksanakan praktik Profesi Keperawatan Komunitas terdapat program kerja wajib yang yaitu UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Program kerja UKS dilakukan kepada komunitas anak usia sekolah. Penanggung jawab dari program kerja UKS ini adalah Seprina S, S.Kep. Program kerja UKS dilaksanakan disalah satu sekolah yaitu SD IT Ibnu Abbas yang terdapat di RW 003 Kelurahan Delima Kecamatan Binawidya.

“Adapun target komunitas pada program kerja UKS ini adalah anak usia sekolah sehingga tim kami mengadakan kegiatan UKS di SD IT Ibnu Abbas dengan tema yang kami ambil yaitu “Mencuci tangan dan etika batuk sebagai langkah pencegahan Covid-19 pada anak usia sekolah di Era New Normal”. Alasan kelompok kami memilih tema ini dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan anak usia sekolah merupakan salah satu kelompok yang rentan untuk tertular virus Covid-19. Selain itu kegiatan ini juga cocok dilakukan bagi anak usia sekolah,” ungkap Seprina, S.Kep.

Kegiatan UKS ini telah dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2021. Kegiatan UKS dilakukan kepada siswa kelas 1 & 2 SD IT Ibnu Abbas yang diikuti oleh 21 siswa dan 3 orang guru pendamping dan dihadiri juga oleh Ibu Agrina. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa edukasi kesehatan untuk meningkatkan pencegahan penyebaran Covid-19 pada anak-anak usia sekolah, agar anak-anak mampu untuk menerapkan kebiasan baru dimasa pandemi yaitu cuci tangan bersih dan etika batuk.

“Kegiatan adik-adik profesi Ners ini tentu saja sangat bagus ya, untuk mengajarkan anak-anak menjaga kesehatan, terlebih sekarang kegiatan belajar mengajar sudah dilakukan disekolah (offline) meskipun untuk waktunya belum normal seperti dulu. Setidaknya anak-anak paham bahwa di luar harus tetap menjaga protokol kesehatan, Siswa yang mengikuti kegiatan ini juga sangat antusias dan sangat aktif selama kegiatan berlangsung, hal ini terlihat saat ners muda mengajukan pertanyaan hampir seluruh siswa mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan. Siswa yang mengikuti kegiatan ini juga dapat mendemonstrasikan ulang bagaimana cara mencuci tangan serta etika batuk yang baik dan benar,” pungkas ibu Emelda selaku Kepala Sekolah SD IT Ibnu Abbas.

Selain program kerja UKS terdapat beberapa program kerja lain yang dilakukan oleh Ners Muda UNRI yang dapat dilihat dan dikuti disosial media Instagram dengan nama nersmudaunri_rw03. (Ist)

banner 120x600