Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Desa Ujung Batu Timur mengadakan kegiatan Medical Check Up

Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Desa Ujung Batu Timur mengadakan kegiatan Medical Check Up

Tikar Tensi Medical Check Up:Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Ujung Batu Timur di bidang Kesehatan


DK-Riau-Kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi semua manusia karena tanpa kesehatan yang baik, maka setiap manusia akan sulit dalam melaksanakan kegiatan. Undang-undang kesehatan No. 23 tahun 1992 memberikan batasan: kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Ditengah kondisi pandemic Covid-19 seperti saat ini tentunya kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Akan tetapi, rasa takut dan minimnya informasi masyarakat enggan untuk memeriksa kesehatannya di layanan kesehatan.
Atas dasar kesadaran tersebut, Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Desa Ujung Batu Timur mengadakan kegiatan Medical Check Up (Cek Kesehatan) pada minggu pagi (18-07-2021). Kegiatan cek kesehatan ini dimulai pada pukul 08:00 pagi hingga pukul 12:00 siang (wib) di dusun Sei Sepoteh Desa Ujung Batu Timur Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu.
Bertempat di Posko Kukerta Balek Kampung Universitas Riau Desa Ujung Batu Timur, Masyarakat sekitar yang berkunjung untuk mengecek kesehatan disambut dan ditangani langsung oleh Tim Kukerta yaitu Dinda Bucira Alma dan Herliana Syafitri yang merupakan Mahasiswa Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Riau.

Cek kesehatan yang diadakan berupa cek tensi darah, selain itu masyarakat yang berkunjung juga dapat berkonsultasi mengenai penyakit dan kesehatan secara umum. Tak heran jika kegiatan Medical Check Up ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat dan Bidan Desa Ujung Batu Timur yakni Ibu Poppy Widiarti. Ibu Poppy Widiarti sendiri menyampaikan sangat mendukung program kegiatan di bidang kesehatan yang dilaksanakan Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Ujung Batu Timur ini dan harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar peduli dalam memeriksakan kesehatan secara rutin.
Mayoritas masyarakat yang berkunjung melakukan cek kesehatan adalah Ibu-ibu paruh baya dan lansia. Kedepannya kegiatan cek kesehatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap minggu pagi selama kegiatan Kukerta berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat.

Herry Juan Felix sebagai Ketua kelompok Kukerta UNRI Desa Ujung Batu Timur menyampaikan bahwasannya “bidang kesehatan merupakan salah satu fokus program kerja pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, dan tujuan dari dilakukannya Medical Check Up ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan diri dan mensejahterakan masyarakat,”jelasnya.

Kedepannya tidak hanya kegiatan cek kesehatan yang dilaksanakan Oleh Tim Kukerta UNRI Desa Ujung Batu Timur, namun ada beberapa kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat dan Covid-19, kegiatan tersebut antara lain Imunisasi lengkap, Sosialisasi pencegahan penanganan Covid-19, Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Serta sosialisasi pengentasan dan pencegahan Stunting khususnya pada masyarakat yang ada di Desa Ujung Batu Timur . (HJF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *