Pedagang senang diperhatikan Pemerintah

DK-Tanjungpinang — Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang melakukan edukasi dan pemahaman terkait penanganan penyebaran virus covid-19 kepada pedagang dan masyarakat di kawasan pasar baru, Rabu (7/7).

Setelah dilakukan sosialisasi, baik pedagang maupun masyarakat bersedia untuk dilakukan Vaksinasi dan tes Swab Antigen. Respon baik juga didapat dari masyarakat, Pedagang senang mendapat perhatian dari Pemerintah terhadap kesehatannya.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP bersama Wakil Walikota Endang Abdullah S.Kp, M.Si meninjau pelaksanaanya sekaligus memberikan pengertian akan maksud dan tujuan dari apa yang dilakukan Pemerintah. Rahma menyampaikan, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang sebagai tindak lanjut dari tingginya peningkatan kasus positif dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungpinang.

Peninjauan hari ini, tidak hanya menggelar vaksinasi namun juga dilakukan swab antigen masal dalam mencari orang tanpa gejala (OTG) ditempat umum dan keramaian yang rawan terjadi penyebaran Covid-19. Rahma menyampaikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dan mengajak masyarakat bersama memerangi penyebaran Covid-19.
“Alhamdulillah kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk hal ini. Test dilakukan untuk mengetahui kondisi kita, untuk kebaikan bersama,” jelasnya.

Rahma menambahkan, tujuan dilakukan test antigen di tempat adalah untuk memisahkan yang sakit dengan yang sehat agar tidak terpapar. “Yang sakit atau positif, kami tangani sesuai kondisinya. Dan tujuannya agar semua masyarakat tenang dan tidak khawatir berbelanja”, jelas Rahma.

Kegiatan vaksinasi dan tracing massal tersebut menargetkan sasaran vaksinasi 200 orang pedagang dan 132 orang menjalani rapid test antigen. Sejauh ini, dari tes cepat itu, terdapat  5 orang dinyatakan positif dan langsung menjalani isolasi mandiri, yang pengawasannya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan tim satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang.

Dari peninjauan di lapangan, para pedagang dan pengunjung ikut mendukung terobosan yang dilakukan pemko Tanjungpinang dalam upaya bersama menekan jumlah positif yang terus meningkat, dan melindungi keselamatan para pedangan dan dan pengunjung yang berada di pasar yang rentan penyebaran Covid-19.

Salah satu pedagang di pasar baru, Maizar, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang sudah mau memikirkan para pedagang dan memastikan kondisi pedagang yang berada di Pasar Baru dalam keadaan sehat tidak terpapar virus covid-19. “Dampaknya kepada para pedagang adalah dapat meyakinkan para pembeli datang belanja ke pasar merasa nyaman”, ucapnya.

Maizar juga berpesan kepada para pedagang lain yang belum melakukan vaksinasi dan swab antigen agar tidak cemas dan takut. “Dari hasil test ini kami dapat saling menjaga, dan memastikan bahwa kami dalam keadaan sehat tidak terpapar virus. Kami mendukung, Semoga pandemi ini cepat berlalu, dan kita dapat beraktivitas kembali seperti biasanya”, tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, serta tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang. (NA)

banner 120x600