Pemko bersiap berikan Vaksin untuk anak usia 12 hingga 18 tahun

Pemko bersiap berikan Vaksin untuk anak usia 12 hingga 18 tahun

DK-Tanjungpinang — Pemerintah Kota Tanjungpinang terus melakukan terobosan untuk mencapai target Vaksin yang diharapkan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Hal ini terbukti dengan Kota Tanjungpinang yang telah mencapai vaksinasi Covid-19 tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau. Setelah Vaksinasi diberikan kepada masyarakat usia diatas 18 tahun, kini Pemerintah mempersiapkan Vaksinasi bagi anak usia 12 hingga 18 tahun. Hal tersebut disampaikan Waikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP, Rabu (30/6).

“Jika pemerintah Pusat memerintahkan, maka pemerintah daerah akan menjalankannya”, ucap Rahma.

Wacana vaksin akan diberikan setelah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (28/6) memastikan vaksin Sinovac aman untuk anak usia 12-18 tahun, dan meminta agar vaksin yang menyasar kelompok usia tersebut dapat segera mulai. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau EUA untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12-18 tahun.

Rahma menjelaskan bahwa untuk Vaksinasi anak usia 12 hingga 18 tahun, akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan menggunakan Vaksin Sinovac, dan Pemerintah akan melibatkan Dinas Pendidikan Kota dan Propinsi Kepri, karena rata rata anak usia tersebut setara tingkat SMP dan SMA.

“Setelah dilakukan Vaksinasi nanti, tidak menutup kemungkinan, kita bisa melakukan proses belajar tatap muka di sekolah. Kita lihat perkembangan kasus Covid19 di Tanjungpinang, jika terjadi penurunan kasus maka kita akan memberikan izin kepada sekolah dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan yang ketat”. Jelas Rahma.

Selain itu, Rahma memaparkan bahwa dari semua kalangan masyarakat, baik pejabat daerah, ASN, TNI, Polri, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Lansia, Guru, Perbankan, Pelaku wisata dan buruh pabrik serta masyarakat luas yang berusia 18 tahun keatas berhak menerima vaksinasi secara gratis dari pemerintah.

“Berikan pemahaman dengan sosialisasi kepada masyarakat bahwa vaksin aman. Dan bukan berarti setelah melakukan Vaksin kita terbebas dari Virus, namun ini untuk memperkuat imun tubuh agar jika terjangkit Covid19, maka daya tahan tubuh lebih baik dibanding yang belum mendapatkan Vaksin.” Ucap Rahma.

Selain itu, Rahma juga mengatakan selama pelaksanaan vaksinasi, Pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan berbagai inovasi dan terobosan agar masyarakat mudah mengikuti vaksinasi diberbagai sentra.

“tim satgas ingin masyarakat mudah menjangkau sentra vaksinasi, kami jemput bola hingga membuka di berbagai fasilitas kesehatan, seperti kantor camat, fasilitas umum, mall, rumah ibadah hingga ke perumahan dan perkampungan. Alhamdulillah setiap hari animo masyarakat sangat luar biasa untuk divaksin hingga saat ini setiap ada jadwal vaksinasi masyarakat berbondong-bondong untuk datang. ini menandakan tingkat kesadaran masyarakat untuk kesehatan sangat luar biasa,” tutupnya. (NA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *