Tim Pengabdian Mahasiswa Universitas Riau Membantu Proses Pembuatan Kompos di Tiban Lama

Tim Pengabdian Mahasiswa Universitas Riau Membantu Proses Pembuatan Kompos di Tiban Lama

DK-BATAM, Tim Pengabdian Kukerta Balek Kampung Kelurahan Tiban Lama melakukan kunjungan ke TPS . Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana cara membuat kompos dari sampah sekaligus membantu langsung dalam proses pembuatannya.

Sebelum menuju lokasi pembuatan kompos, tim sudah membuat janji terlebih dahulu dengan Bapak Sadimun selaku ketua UMKM Kompos di TPS 3R Tiban Lama. Kemudian setelah mendapatkan persetujuan, mereka langsung menuju lokasi.

Saat sampai di lokasi, tim sudah disambut oleh Pak Sadimun serta anggota UMKM Kompos lainnya. Sebelum melakukan produksi kompos, Pak Sadimun terlebih dahulu menjelaskan tentang UMKM Kompos tersebut serta langkah-langkah pembuatan kompos dari sampah.

Menurut informasi dari Bapak Sadimun, TPS 3R Tiban Lama ini dibangun pada tahun 2016 kemudian sempat vakum selama satu tahun dan kembali beroperasi pada tahun 2018. TPS 3R Tiban Lama memproduksi 2 jenis kompos yaitu kompos cair dan kering yang berasal dari sampah-sampah organik masyarakat di perumahan tiban lama.

Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai langkah-langkah pembuatan kompos tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yaitu melakukan pemilahan sampah
  2. Setelah itu sampah dicacah menggunakan mesin
  3. Sampah yang sudah dicacah akan dikeringkan terlebih dahulu selama 2 minggu
  4. Lalu sampah tersebut akan dimasukkan kembali ke dalam mesin pencacah agar lebih halus
  5. Setelah digiling 2 kali sampah akan diayak menggunakan mesin
  6. Sampah yang telah diayak inilah yang sudah menjadi kompos yang siap untuk dikemas dan dipasarkan.

Untuk proses pengemasannya sendiri, dilakukan di tempat yang berbeda yaitu di rumah Ibu Susan selaku bendahara dari UMKM Kompos ini.Di rumah Ibu Susan lah, Tim Pengabdian membantu dalam proses pengemasan kompos yang telah diproses tadi. Setelah hampir 4 jam lamanya, mereka pun akhirnya menyelesaikan proses pengemasan tadi. Selama proses pengemasan, tidak ada kendala yang berarti.

Setelah proses pengemasan berakhir, kompos yang telah jadi tadi sudah siap untuk dipasarkan. pemasaran kompos ini dapat dilakukan via telpon dengan menghubungi Bapak Sadimun atau dapat langsung mendatangi tempat produksi TPS 3R Tiban Lama.(Maestro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!