Sadar Potensi Pariwisata, IPMKOB-Pekanbaru Kunjungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam

DK BATAM – Batam (16/07/2020), Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kota Batam (IPMKOB) – Pekanbaru mengunjungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam di Kantor, Batam Centre, Kota Batam.

Kunjungan dihadiri oleh Reza Saputra dan Alfian Rizqy Mauliddin selaku Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum IPMKOB-Pekanbaru serta beberapa pengurus lainnya yaitu Raja Hana Nabilah, M.Nazarudin Syah, Nurul Khairiah, dan Elminiar Margaretha.

Dibuka oleh Raja Hana Nabilah selaku moderator, IPMKOB-Pekanbaru pun langsung melakukan diskusi terkait dengan potensi pariwisata dan kentalnya budaya serta kearifan lokal yang ada di Kota Batam.

Diskusi berlangsung dari pukul 14.45 WIB hingga menjelang waktu ashar, dihadiri oleh Bapak Drs. Ardiwinata selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

“Selamat sore Pak, Kami dari Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kota Batam-Pekanbaru hadir disini sebagai salah satu bentuk rasa ingin tahu kami terkait dengan potensi pariwisata yang kita ketahui bersama yaitu sangat besar, khususnya di Wilayah Batam ini, senang bisa bertemu dengan Bapak Selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, sehingga tepat rasanya jika kami berdikusi dengan Bapak secara langsung” ujar Reza Saputra selaku Ketum IPMKOB-Pekanbaru.

M.Nazarudin Syah selaku salah satu Mahasiswa Pariwisata di Universitas Riau juga menambahkan dan menyampaikan beberapa potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di Kota Batam terutama dengan memanfaatkan berbagai pulau yang ada di daerah perbatasan negara, tepatnya di Kecamatan Belakang Padang.

Mahasiswa asal Pulau Kasu ini menyebutkan beberapa contoh diantaranya Pulau Labun, Pulau Pemping, Pulau Terung, Pulau Pecung, serta beberapa pulau di sekitarnya.

“Yaa, saya tau persis para mahasiswa memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, saya sangat mengapresiasi niat baik adik-adik sekalian apalagi langsung hadir mengunjungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, ini adalah hal yang saya tunggu,” Tegas Ardiwinata selaku Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

“Saya sedikit memberikan wawasan kepada adik-adik semua, Kota Batam ini sangat terkenal sekali dengan potensi pariwisata yang besar, budaya kearifan lokal yang sangat tinggi yang sampai saat ini masih melekat di masyarakat. Saya sebut satu contoh yaitu terkait dengan sejarah Nong Isa, saya masih melihat banyak diantara kita yang belum mengetahui persis siapa itu Nong Isa padahal Nong Isa itu salah satu pelopor berdirinya Kota Batam ini, penjaga Kota Batam dan Kabupaten Lingga pada masanya. Tanggal 18 Desember adalah tanggal bersejarah bagi Kota Batam, ini juga ada keterkaitan dengan Nong Isa, yaitu traktat pemberian kewenangan kepada Nong Isa untuk menjaga Batam dan Lingga pada masa itu. Maka dari itu, saya berpesan kepada pemuda pemudi semua, mari sama sama kita ini setidaknya peka terhadap sejarah, apalagi sebagai putra putri asal Batam” Tambahnya.

Bersempena dengan kunjungan ini, Reza Saputra menambahkan maksud dan tujuan lainnya yaitu meminta saran terkait dengan akan dijalankannya salah satu Program Kerja unggulan dari IPMKOB-Pekanbaru yaitu Ekspedisi IPMKOB yang akan ditargetkan terlaksana dari tanggal 7-9 Agustus 2020 bertempat di Pulau Pemping dan Labun Kecil (seberang Pemping), Kecamatan Belakang Padang. Sekaligus meminta kesediaan Kadisbudpar, Bapak Ardiwinata turut hadir diacara puncak yaitu Pemberdayaan Wisata pada tanggal 9 Agustus 2020.

 

Dalam hal ini Kadisbudpar mendukung penuh program kerja tersebut dan menyatakan kesediaan hadir dihari terakhir membersamai seluruh peserta ekspedisi dan masyarakat setempat jika tidak ada kegiatan lain.

Pertemuan dan silaturahmi ini berjalan dengan khidmat dan diakhir kunjungan ini dilakukan penyerahan kenang-kenangan berupa plakat yang diwakilkan oleh M.Nazarudin Syah yang merupakan Mahasiswa Pariwisata asal Universitas Riau sekaligus juga dilakukan foto bersama.(RSptr)

 349 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *