MAHASISWA UNS IKUT BERPERAN DALAM PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI KKN UNS COVID-19

MAHASISWA UNS IKUT BERPERAN DALAM PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI KKN UNS COVID-19

Kegiatan edukasi dan pembagian Masker kepada Warga Perumahan Kabil Raya

DK-Batam-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Di era pandemi Covid-19 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merekognisi kegiatan KKN dalam bentuk penerjunan Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19.

Berbeda dari kegiatan KKN yang biasanya dilakukan secara berkelompok dan mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga, KKN UNS di era Covid-19 ini dilakukan secara individu di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Syania Hilda, salah satu peserta KKN UNS Covid-19, di bawah bimbingan Bapak Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc, melaksanakan kegiatannya di lingkungan Perumahan Kabil Raya RT 002/RW 007, Kabil, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Berbagai kegiatan program kerja dari KKN UNS Covid 19 telah dilakukan di lingkungannya tersebut secara daring dan luring selama 1,5 bulan, sejak tanggal 15 Mei – 30 Juni 2020 dengan tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19”.

“Komunikasi terkait perencanaan dan koordinasi bersama kelompok KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilakukan secara daring melalui Whatsapp group, mahasiswa dituntut mandiri dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan KKN ini serta juga dalam kegiatannya dihimbau untuk membuat program kerja yang tidak mengumpulkan banyak orang,” jelas Syania.

Beberapa kegiatan KKN UNS Covid-19 yang telah dilaksanakan, adalah memberikan edukasi kepada warga tentang Covid-19 melalui grup WhatsApp. Edukasi tersebut berupa penjelasan tentang Covid-19, gejala, cara pencegahan hingga adaptasi kebiasan baru (New Normal). Ia juga melakukan edukasi melalui pemasangan poster di tempat umum dan masjid serta dengan membagikan leaflet pola hidup bersih, edukasi langkah membuat masker dan hand sanitizer alami, juga memfasilitasi masker, dan hand sanitizer. Selain itu, juga dilakukan kelompok belajar dan bermain anak dengan kegiatan bermain serta edukasi bahaya, cara pencegahan Covid-19, dan langkah mencuci tangan yang benar pada anak-anak sekitar.(Hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *