Mahasiswa Universitas Riau Kembali Lakukan Edukasi Penggunaan Masker Di Wilayah Tanjungpinang Barat

Mahasiswa Universitas Riau Kembali Lakukan Edukasi Penggunaan Masker Di Wilayah Tanjungpinang Barat

Mahasiswa Universitas Riau Menjadi Relawan Desa Lawan Covid Di Kecamatan Tanjungpinang Barat

Kegiatan yang berlangsung di lampu merah Tugu Pahlawan

DKTanjungpinang– Tahun 2020 ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau mengeluarkan kebijakan baru pada mata kuliah Kukerta (Kuliah Kerja Nyata). Kebijakan ini bernama Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Universitas Riau 2020. Program Kukerta ini didasari karena merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia.

Salah satu tim yang mengikuti Kukerta Kerelawanan ini adalah Tim Tanggap Covid Tanjungpinang Barat,  Tim ini berada dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. Tim ini di bimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu DR. Besri Nasrul, SP., M.Si.

” Kami berterimakasih kepada berbagai pihak yang memberikan kami kesempatan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian  di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat.Program yang kami lakukan diantaranya Edukasi Penggunaan dan Pembagian Masker, Patroli Bersama Satpol PP dalam mengurangi aktivitas kerumunan masyarakat, Penyaluran logistik sembako, edukasi daring melalui instagram, serta pembuatan tempat cuci tangan di titik keramaian”. ujar Hermansyah yang merupakan Ketua Tim Tanggap Covid Tanjungpinang Barat.

pembagian masker kepada orang yang tidak memakai masker

” Untuk saat ini program yang telah kami jalankan antara lain edukasi dan pembagian masker kain dan pendistribusian logistik sembako dari IKASMANSA (Ikatan Alumni Smansa) Tanjungpinang. kemarin alhamdulillah kami telah melakukan distribusi sembako dari IKASMANSA dalam kegiatan ini kami melakukan kegiatan mulai dari pemaketan sembako yang bertempat di SMAN 1 Tanjungpinang hingga Distribusi sembako.  Dan pada hari ini kita melakukan lanjutan dari kegiatan semalam yaitu edukasi dan pembagian masker. untuk semalam (17/5) kami sudah memulai kegiatan ini dibeberapa titik diantaranya Rimba Jaya dan Akau Potong lembu. pada hari ini kegiatan kami lanjutkan di beberapa titik lampu merah dengan menggunakan poster dan spanduk”. tutur Nadya yang merupakan Sekretaris Tim Tanggap Covid Tanjungpinang Barat.

Poster edukasi penggunaan masker kain

sambung nadya, ” pelaksanaan ini dilakukan agar senantiasa masyarakat dapat senantiasa selalu ingat bahwa setiap melaksanakan aktivitas keluar rumah harus senantiasa menggunakan masker. mengingat masyarakat ternyata masih banyak yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah. pada brosur yang kami gunakan untuk mengedukasi terdiri dari dua jenis alat peraga yaitu poster besar dan brosur kecil. pada poster besar berisi pesan “cukup masker kain untuk yang sehat” serta anjuran tetap menjaga jarak. pada brosur kecil berisikan gejala-gejala yang muncul terhadap orang-orang yang terkena covid-19 serta perbedaan corona dengan penyakit sejenisnya seperti influenza. ini pesan penting yang harus disampaikan ternyata masyarakat masih banyak yang tidak tahu tentang hal ini”. tutup nadya. (ET)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!