Mahasiswa kukerta Unri Ikut merealisasikan protokol desa tanggap COVID-19

Mahasiswa kukerta Unri Ikut merealisasikan protokol desa tanggap COVID-19

DK-Pekanbaru-Pembuatan pos jaga gerbang desa merupakan salah satu protokol Desa tanggap Covid-19. Hal ini dilakukan oleh warga Kampung Gabung Makmur, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak. Fungsi pembuatan pos jaga ini untuk memeriksa mobilitas warga dan tamu yang masuk ke Desa dan mendata serta memeriksa warga desa yang baru pulang dari rantau, apakah perlu di lakukan isolasi di rumah sakit atau cukup dengan isolasi mandiri dengan cara berdiam diri di rumah selama 14 hari untuk memutus rantai penyebaran Coronavirus. Namun pelaksanaan pembuatannya masih terkendala dari desa. Atas usulan Mahaiswa Kukerta Universitas Riau kepada Penghulu kampung dan diskusi dengan Karang Taruna, KUD, dan BUMKAM kendala dana sudah dapat di atasi dan dapat di realisasikan untuk membuat Pos Jaga Gerbang Desa yang berada di pintu selatan gerbang desa.

Pembuatan pos jaga melibatkan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau serta aparat desa sepeti linmas, karang taruna dan remaja mesjid serta masyarakat di sekitar pos jaga.
Pada pos jaga di buat tempat cuci tangan agar setiap masyarakat ataupun tamu yang baru masuk ke desa dapat mencuci tangan di pos jaga selain itu kendaraan juga di semprot disinfektan, hal ini di lakukan untuk memutus ranatai penyebaran covid dan ketika memasuki kampung masyarakat ataupun tamu sudah steril. Tidak lupa alat pencatat suhu berupa Thermometer tembak juga di sediakan untuk mengetahui suhu tubuh masyarakat ataupun tamu yang memasuki wilayah kampung, dan apabila suhu tubuhnya tidak normal maka akan langsung di tangani oleh petugas kesehatan yang ada di Kampung Gabung Makmur.
Penjagaan di bagi tugas dengan membuat 3 shift jaga dan lama penjagaan setiap shiftya yaitu 8 jam. Dengan melibatkan masyarakat, aparat desa, karang taruna dan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau untuk menjaga di pos gerbang desa setiap harinya dengan jadwal yang sudah di tentukan.(Hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *