Stifar Riau Edukasi Penggunaan Masker

Stifar Riau Edukasi Penggunaan Masker

Mahasiswa STIFAR (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi) Riau Memberikan Edukasi Penggunaan Masker Guna Mencegah Penularan Covid-19.

Edukasi yang dilakukan di pasar tradisional

DK-PEKANBARU-Mahasiswa STIFAR Riau kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap wabah Covid-19 dengan melakukan kegiatan serentak se kota Pekanbaru.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 04 Mei 2020 yang mana kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinkes Riau, Dinkes Pekanbaru dan 21 Komunitas Mahasiswa STIE Akbar Pekanbaru, STIFAR Riau, UMRI, UIR, STIKES PMC Pekanbaru, UNILAK, Univ. Abdurrab, STIKES Al-Insyirah, STIKES Payung Negeri, Politenik Caltex Riau, Poltekes Kemenkes RI, Imatelki, GP. GPIB, Green Gowes Community (GGC), IMM Riau, HiPEMARU, Kominitas LibuRUN, Aisyiah dan Komunitas Scooter Pekanbaru
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya promotif dan preventif untuk menimbulkan kesadaran kepada masyarakat sebagai salah satu cara pencegahan penularan Covid-19 yang dilakukan secara masif dan serentak di 19 pasar dan 11 Kecamatan di kota pekanbaru ditambah 2 desa didaerah perbatasan.
Kolaborasi ini juga melibatkan Dinkes Kota Pekanbaru dalam penentuan titik-titik edukasi terutama didaerah kelurahan yang sudah mempunyai kasus konfirmasi positif covid-19 dan juga dipasar-pasar.


Tepat pukul 11 jelang siang, tim relawan dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM didampingi oleh Kabid Kesmas Dinkes Riau Amir Azan, SKM, M.Si, Kasi Promkes Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Riau, Rozita, Kabid Kesmas Kota Pekanbaru Melly Susanti, SKM dan Kasi Promkes Dinkes Kota Pekanbaru, Riska.
Dalam sambutan singkatnya Kadiskes berpesan kepada seluruh relawan agar tetap menjaga jarak dalam melakukan aksi edukasi ke masyarakat. Ia juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari para mahasiswa dan komunitas yang telah berkenan untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan Covid-19
Menurut Yaprion (SIXNATURE) “Kondisinya pada saat ini dilapangan memprihatinkan, karena tidak patuhnya masyarakat dalam menerepkan PSBB. Maka dari itu kami dari mahasiswa sepekanbaru yang di kawal langsung oleh Dinkes Riau beserta organisasi2 lainnya yang peduli dengan pandemik ini tergerak hatinya untuk terjun langsung ke lapisan masyarakat untuk memberikan edukasi tentang covid ini ke masyarakat dengan harapan dapat memberikan informasi yang bermanfaat agar masyarakat di seluruh Pekanbaru ini sadar akan bahaya covid-19 ini dan Agar lebih menjaga kesehatan nya dengan menggunakan masker di setiap melakukan aktivitas di luar rumah”
Edukasi kesehatan yang dilakukan kemasyarakat disamping pemberian informasi pencegahan covid-19 melalui penempelan poster informasi cara mencegah penularan covid-19 dan pembagian flyer, juga dillakukan pembagian 1000 lusin masker kain gratis di pasar tradisional dan perumahan-perumahan terutama diwilayah yang sudah terpapar covid-19 antara lain Kecamatan Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Tenayan Raya, Lima Puluh Kota, Sail, Rumbai dan 2 desa terdekat yaitu; Desa Tanah Merah dan Desa Pandau Jaya.

“Atas nama pimpinan dan civitas akademika STIFAR Riau, kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan bakti Covid-19 dengan pemberian masker kepada masyarakat oleh Mahasiswa STIFAR Riau bersama Dinkes Riau, Semoga menjadi amal di bulan yang penuh berkah ini” Ucap Ketua STIFAR Riau kepada Relawan.


“dalam pelaksanaan kegiatan ini saya selaku koordinator pusat Aliansi Mahasiswa Kesehatan Riau (AMKR) sangat berterima kasih atas keterlibatan seluruh rekan-rekan baik dari Mahasiswa maupun komunitas untuk dapat terjun langsung kemasyarakat guna menyampaikan beberapa perhatian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya melakukan Germas, semoga kedepan masih ada kegiatan lanjutan dan dapat dirasakan oleh seluruh unsur masyarakat serta menumbuhkan kesadaran kita bersama kemudian untuk seluruh rekan rekan yang ada di kampung halaman, saya berharap untuk dapat melakukan pendampingan kepada masyarakat terkait beberapa arahan yang di sampaikan oleh pemerintah guna menekan penularan wabah Covid-19 ini sampai ke daerah rekan-rekan semua” tutup Sandika Syaputra (STIFAR Riau). (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!