PEMBUKAAN PEKAN AKSI EKONOMI KREATIF TANJUNGPINANG

PEMBUKAAN PEKAN AKSI EKONOMI KREATIF TANJUNGPINANG

DK-Walikota Tanjungpinang Bapak H. Syahrul, S.Pd membuka kegiatan Pekan Aksi Ekonomi Kreatif Tanjungpinang bertajuk Festival Samudra Aksara di Laman Boenda, Kota Tanjungpinang. Acara ini diselenggarakan hasil kolaborasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang beserta Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam program IKKON (Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara).

Festival Samudra Aksara yang diselenggarakan tanggal 8-10 November 2019 di Laman Boenda ini, dimeriahkan oleh kegiatan-kegiatan unik dan menarik. Beberapa diantaranya, fashion show produk hasil kolaborasi desainer IKKON Tanjungpinang, Michaela Greta dan Putri Lestari, dengan perajin batik lokal dalam koleksi NUMARA. Selain itu ditampilkan pula karya disainer lokal Tanjungpinang Thera dalam koleksi TMpro. Berbagai produk seni bidang kriya, kuliner, foto, video bahkan kuliner pun turut memeriahkan kegiatan.

Yang tak kalah menarik sebagai bagian dari Festival Samudra Aksara ini adalah Pertunjukkan Samudra Aksara. Pertunjukan yang akan diselenggarakan tanggal 9 November 2019 pk. 19.00 di Gedung Aisyah Sulaiman ini, merupakan pertunjukkan kolaborasi seniman muda berbakat Gigih Alfajar (etnomusikolog) dan Eka Wahyuni (koreografer) dengan seniman muda Tanjungpinang. Pertunjukan ini menampilkan sajian aransemen music kontemporer yang mengangkat musik serta literasi Melayu dalam ‘Kantata Pujangga’, dan rangkaian tari minimalis dan kelompok masih dengan nafas kontemporer bertajuk ‘Kalam’.

Program IKKON merupakan program Deputi Riset dan Edukasi Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menurunkan satu tim lintas keahlian di bidang desain, seni pertunjukkan, dan bisnis, selama empat bulan yang tersebar di 5 daerah di Indonesia. Kota Tanjungpinang dengan segudang potensi ekonomi kreatifnya terpilih menjadi salah satu kota diselenggarakannya program IKKON ini. Setelah melakukan proses kolaborasi antara desainer peserta IKKON dan perajin local di penghujung program diselenggarakanlah pameran hasil kreasi tersebut dalam Festival Samudra Aksara. (Hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!