Berikut Peristiwa 4 Agustus

Berikut Peristiwa 4 Agustus

DK-Tanjungpinang-Ada banyak peristiwa dan catatan sejarah penting yang pernah terjadi baik dalam maupun luar negeri, hari dimana terjadi pada tanggal 4 Agustus tiap tahunnya. Seperti misal, tanggal kelahiran dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sampai dengan  Kabinet Hatta Jilid I.

 

Agar menambah wawasan sejarah, berikut sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 4 Agustus dari Wikipedia.

 

1. Kelahiran eks Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Pria bernama lengkap Barack Hussein Obama II diketahui lahir pada 4 Agustus 1961. Obama merupakan seorang politisi Amerika yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikatke-44. Obama merupakan orang Afrika Amerika pertama yang menempati jabatan tersebut.

2. Kabinet Hatta Jilid I

Pada hari ini, Kabinet Hatta Pertama atau Kabinet Hatta I merupakan kabinet ketujuh yang dibentuk di Indonesia. Kabinet ini dibentuk oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta, atas perintah Presiden Soekarno pada tanggal 23 Januari 1948, hari yang sama saat kabinet sebelumnya dinyatakan bubar. Kabinet ini bertugas pada periode 29 Januari 1948 – 4 Agustus 1949.

3. Perang Dunia I Inggris nyatakan perang terhadap Jerman

Pada 4 Agustus tahun 1914 Perang Dunia I, Inggris menyatakan untuk perang terhadap Jerman, sementara Amerika Serikat menyatakan netralitas negara tersebut.

Perang yang disebut dengan Perang Dunia I (PDI) ini sebuah perang global yang terpusat di Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini sering disebut Perang Duniaatau Perang Besar sejak terjadi sampai dimulainya Perang Dunia II pada tahun 1939, dan Perang Dunia Pertama atau Perang Dunia I setelah itu.

Perang Dunia I banyak diikuti kekuatan besar dunia yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan. Seperti Sekutu berdasarkan Entente Tiga yang terdiri dari Britania Raya, Prancis, dan Rusia dan Blok Sentral terpusat pada Aliansi Tiga yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia namun saat Austria-Hongaria melakukan serangan sementara persekutuan ini bersifat defensif, Italia tidak ikut berperang.

4. Meninggalnya penyanyi Reggae Mbah Surip

Pada hari ini 10 tahun yang lalu, pria bernama Urip Achmad Rijanto lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 6 Mei 1957 dan meninggal dunia. Mbah surip meninggal di Jakarta pada 4 Agustus 2009 saat berusia 52 tahun. Mbah Surip merupakan seorang penyanyi Indonesia. Ia populer karena gaya dan tertawanya yang unik, dan karena lagu Tak Gendong dari albumnya pada tahun 2003 yang juga berjudul Tak Gendong.(Hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!