HIMATIKA FKIP UIR GELAR TABLIG AKBAR & KHATAM QUR’AN

Tablig Akbar & Khatam Qur’an Himpunan Matematika UIR

DK– Himpunan Mahasiswa MATEMATIKA (HIMATIKA) UNIVERSITAS ISLAM RIAU kembali menyelenggarakan Khatam Al-Qur’an, tetapi pada kali ini sedikit berbeda karena dibarengi dengan Tabligh Akbar dan mengundang anak Yatim Piatu dari Panti Asuhan Darul Ilmi. Kegiatan Khatam Al-Qur’an dan Tabligh Akbar kali ini mengusung tema “Muhasabah Diri Melalui Al-Qur’an dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H”.
Kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Al-Munawwarah UIR pada 30 April 2019. Dengan jumlah peserta Khatam sebanyak 340 orang yang terdiri dari Mahasiswa dan Mahasiswi Matematika semester 2,4,dan 6. Sebelum kegiatan Khatam Al-Qur’an diselenggarakan, para peserta Khatam Al-Qur’an ini pawai mengelilingi lingkungan Universitas Islam Riau. Tabligh Akbar pada kali ini dibawakan oleh Ustadz Encik Ivan Marfikuila, B.E.S yang ditargetkan untuk umum.
Bupati HIMATIKA Universitas Islam Riau Fajar Ikhta Gusman mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat Mahasiswa dan Mahasiswi dalam membaca Al-Qur’an, tidak hanya membaca diharapkan Mahasiswa dan Mahasiswi dapat memahami isi kandungan yang ada dalam Al-Qur’an dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sementara Ketua Program Studi Matematika Leo Adhar Effendi., S.Pd., M.Pd menyebutkan bahwa Khatam Al-Qur’an itu sendiri merupakan kegiatan rutin dari Pendidikan Matematika Universitas Islam Riau. Beliau berharap kita dari Prodi Pendidikan Matematiaka dibawah Universitas Islam Riau dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islan (YLPI) mesti menampilkan identitas kita yaitu Islam, tentu yang tidak bisa dilepaskan oleh seorang muslim adalah Al-Qur’an. Melalui Tabligh Akbar ini bertujuan untuk menginstropeksi diri agar memperbaiki diri agar dalam menghadapi bulan suci Ramadhan kita bisa meningkatkan Amal ibadah kita.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena Program Studi ini telah menonjolkan salah satu Catur Dharma yaitu Dakwah Islamiyah. Saya juga menghimbau agar Mahasiswa dan Mahasiswi memahami semua yang terkandung dalam Al-Qur’an tersebut. Semoga kegiatan ini dapat menular kepada Program Studi lain agar nuansa Islami pada Universitas semakin kental dan terasa.” Tutur Wakil Dekan 3 FKIP Muslim, S.Kar,. M.Sn.
Bapak Wakil Rektor 1 UIR Dr. H. Syafhendry, M.Si juga menambahkan bahwa beliau mengapresiasikan kegiatan ini. Budaya ini perlu kita lestarikan dan kembangkan bersama.
Kegiatan ini ditutup dengan Tabligh Akbar yang dibawakan oleh Ustadz Encik Ivan Marfikuila, B.E.S.(ajo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!