Hari Kanker 2019 : “I am, I Will”

Hari Kanker 2019 : “I am, I Will”

DK-Tanjungpinang – Penyakit kanker adalah penyakit tidak menular akan tetapi kini sangat mengkhawatirkan seluruh manusia dari belahan dunia manapun, karena kanker telah menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan juga faktor utama penyebab kematian.
Karena hal tersebut, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang yang bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan kampanye pengendalian kanker yang juga di laksanakan dalam rangka memperingati hari kanker sedunia tingkat Kota Tanjungpinang yang di laksanakan di Aula Puskesmas Batu X, Kamis (21/2).
Kegiatan sosialisasi dalam rangka memperingati hari kanker sedunia tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP tersebut mengusung tema “I am, I will” dengan menghadirkan narasumber dari Kemkes RI dan dokter Spesialis Onkologi serta Motivator dari BBPK Ciloto dan dr. Gumilang Wiranegara SPOG, K (Onk).
Kegiatan yang di ikuti kurang lebih 300 peserta yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat ini juga turut di hadiri oleh Ketua YKI Cabang Kota Tanjungpinang Juwariyah Syahrul, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tanjungpinang, Danlanud Raja Haji Fisabilillah, Danlanudal Tanjungpinang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Tanjungpinang, Jajaran kepala OPD di lingkungan Kota Tanjungpinang, serta pimpinan organisasi wanita se-Kota Tanjungpinang.
Pada kesempatan itu, dalam sambutannya Rahma mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mencegah kanker dengan melakukan perilaku hidup sehat dan menjauhi faktor resiko kanker. Menurutnya dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur, menghindari asap rokok dan alkohol, makan terkontrol, kurangi lemak, garam dan gula, serta istirahat yang cukup dan menjauhi stress.
“Bagi yang terkena kanker saya minta agar tetap berpikir positif, bersemangat dan melakukan upaya terapi sesuai dengan anjuran dokter, Pemko siap memberikan dukungan dan support termasuk saat ini dengan menyediakan rumah singgah serta transportasi bagi penderita kanker yang dirujuk ke luar daerah seperti di Batam dan berikutnya di Jakarta,” jelasnya.
Pada kesempatan tersebut juga Juwariyah Syahrul selaku Ketua YKI Cabang Kota Tanjungpinang mengajak masyarakat untuk berkomitmen dalam menanggulangi kanker secara dini, secara bersama-sama maupun individu dengan kegiatan yang positif. “Karena komitmen setiap individu sangat penting sebab kanker dapat terjadi pada siapapun,” jelas Juwariyah
Ia juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Peringatan Hari Kanker Sedunia ini adalah untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap penderita penyakit kanker yag semakin hari semakin meningkat, WHO bahkan memprediksi kanker akan menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia.
Lebih lanjut Juwariah menjelaskan bahwa tantangan dalam penanggulangan kanker perlu dilakukan secara bersama-sama oleh setiap anggota masyarakat, dengan melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker dan menjalankan pola hidup sehat, sementara bagi penderita atau masyarakat yang telah terdiagnosa kanker maka perlu diberikan perawatan supportif dan paliatif sebagai proses yang sama pentingnya, ataupun melalui komitmen individu dalam peran dan aksi lainnya terhadap penyakit kanker.
Juwariah juga menjelaskan bahwa pada hari ini YKI Cabang Tanjungpinang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melakukan beberapa kegiatan di Puskesmas Batu 10 ini antara lain skrining kanker serviks dan payudara melalui metode IVA dan Sadanis, Layanan cryotherapy bagi WUS terdeteksi memiliki pra kanker (Ca servik) pasca pemeriksaan IVA, Melaksanakan seminar tentang kanker.
“Beberapa waktu yang lalu YKI Cabang Kota Tanjungpinang juga telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya dalam rangkaian Hari Kanker Sedunia Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2019, telah dilakukan dialog interaktif di RRI Tanjungpinang bekerjasama dengan YKI Provinsi Kepri, sebagai bentuk perhatian dan support kepada penderita kanker, maka telah dilakukan kunjungan dengan memberikan sagu hati dan bingkisan pada dan pada harl ini, kami akan memberikan bantuan, kepada 4 orang penderita kanker, semoga bantuan ini dapat bermanfaat,” jelas Juwariyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *