Polres Tanjungpinang Rekayasa Lalu Lintas di Malam Tahun Baru 2018, Ini Lokasinya

TANJUNGPINANG, DK – Guna mewujudkan keamanan, kenyamanan dan ketertiban perayaan Natal 2018 dan menyambut malam pergantian ke tahun 2019 dalam rangkaian Operasi Lilin Seligi 2018, Polres Tanjungpinang melakukan Rekayasa Lalu Lintas dan Route Lalu Lintas dan Parkir (ROLAKIR) di beberapa tempat yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah pengunjung dan kendaraan.

Adapun Rekayasa Lalin dan Rolakir dijabarkan sebagai berikut:

Objek Wisata Patung Seribu
Berada di jalan Nusantara km. 13 Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 500 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana mestinya melalui pintu masuk dan pintu keluar yang sama dan dengan akses jalan yang cukup untuk dilalui kendaraan. Pengamanan rolakir dilaksanakan di area gerbang masuk dan keluar.

Vihara Avalokitesvara
Berada di Jalan WR. Supratman km. 14 Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 700 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana mestinya melalui pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda dan dengan akses jalan yang cukup untuk dilalui kendaraan. Pengamanan rolakir dilaksanakan di area masuk dan keluar.

TCC MALL Tanjungpinang
Berada di Jalan Raya Dompak km. 8 Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 1.200 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana mestinya melalui pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda dan dengan akses jalan yang cukup untuk dilalui kendaraan. Pengamanan rolakir dilaksanakan di area masuk dan keluar.

MALL Ramayana Tanjungpinang
Berada di Jl. Wiratno Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 1.000 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana mestinya melalui pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda dan dengan akses jalan yang cukup untuk dilalui kendaraan.
Pengamanan rolakir dilaksanakan di area masuk dan keluar.
Untuk waktu-waktu tertentu yang dirasa perlu akan diberlakukan route masuk dan keluar 1 arah mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Gereja HKBP Kampung Baru
Berada di Jalan Dr. Sutomo Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 150 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana biasanya. Pengamanan rolakir dilaksanakan di pintu masuk gereja. Untuk waktu-waktu tertentu yang dirasa perlu akan diberlakukan route masuk dan keluar 1 arah (tidak langsung masuk ke pintu gereja dari arus yang berlawanan namun memberi jarak putar arah yang aman) mengantisipasi terjadinya kemacetan, dan juga akan mengurai kemacetan di simpang Tugu Pahlawan menuju Jl. Soekarno Hatta.

Gereja GPdI
Berada di Jl. Ir. Juanda Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 80 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana biasanya. Pengamanan rolakir dilaksanakan di pintu masuk gereja. Untuk waktu-waktu tertentu yang dirasa perlu akan diberlakukan route masuk dan keluar 1 arah (tidak langsung masuk ke pintu gereja dari arus yang berlawanan namun memberi jarak putar arah yang aman) mengantisipasi terjadinya kemacetan, dan juga akan mengurai kemacetan di simpang Bintan 21 menuju Jl. Ir. Sutami.

Gereja Presbeteryan (SD Sion)
Berada di Jalan Bakar Batu Tanjungpinang memiliki kantong parkir dengan kapasitas hingga 60 kendaraan. Untuk arus lalu lintas berjalan sebagaimana biasanya yaitu satu arah. Pengamanan rolakir dilaksanakan di pintu masuk gereja. Untuk waktu-waktu tertentu yang dirasa perlu untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, maka arus lalu lintas akan diurai di simpang Ketapang dan dialihkan ke Jl. Ketapang – Jl. Teuku Umar.

Rimba Jaya
Berada di Jalan Bakar Batu Tanjungpinang dengan kantong parkir berkapasitas hingga 600 kendaraan. Pada malam perayaan pergantian tahun kendaraan sementara waktu tidak dibenarkan memasuki lokasi Rimba Jaya (memasuki kawasan Rimba Jaya dengan berjalan kaki) dan pengunjung diharapkan memarkirkan kendaraan di area parkir sebelum gerbang masuk Rimba Jaya. Akan diberlakukan arus lalu lintas 1 arah yaitu masuk melalui jalan arah kawasan Rimba Jaya dan keluar melalui Jl. Gudang Minyak menuju Jalan Brigjen Katamso.

Rekayasa lalu lintas di Rimba Jaya

Taman Tepi Laut/Gedung Gonggong
Berada di Jalan Hang Tuah tepi laut Tanjungpinang. Selama malam perayaan pergantian tahun di sepanjang Jalan Hang Tuah mulai dari simpang Anjung Cahaya hingga ke Gedung Daerah akan disterilkan dari kendaraan dan hanya dibenarkan memasuki kawasan tersebut dengan berjalan kaki sehingga malam perayaan pergantian tahun akan berlangsung aman, nyaman dan tertib.

Rekayasa lalu lintas di Tepi Laut/Gedung Gonggong

Dipersiapkan 3 titik kantong parkir yaitu sebagai berikut : Lapangan parkir Mamak Den, SPK/Dinkes Angkatan Laut, Pelabuhan Pelindo. Pada waktu-waktu tertentu apabila terjadi kemacetan/penumpukan/padat kendaraan maka arus lalu lintas menuju ke gedung gonggong dari arah Jalan H. Agus Salim akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas menuju Jalan Sumatera.

Jembatan Dompak
Berada di jalan depan Mall Ramayana Tanjungpinang yang mana kantong parkir dipersiapkan sebelum gerbang masuk jembatan dengan kapasitas hingga 100 kendaraan. Selama malam perayaan pergantian tahun di sepanjang jembatan akan disterilkan dari kendaraan (memasuki sepanjang jembatan dengan berjalan kaki). Pada waktu-waktu tertentu apabila terjadi kemacetan/penumpukan/padat kendaraan maka arus lalu lintas akan ditutup sementara mulai dari simpang Jl. Wiratno menuju kawasan jembatan, dan kendaraan akan dialihkan menuju Jl. Wiratno dan Jl. Basuki Rahmat.

Rekayasa lalu lintas menuju jembatan Dompak

Demikian disampaikan Rekayasa Lalu Lintas dan Rolakir semoga dapat menjadi panduan bagi kita. Bagi pengendara yang memiliki tujuan tertentu agar dapat mencari jalan-jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Selamat merayakan malam pergantian tahun, tetap jaga keamanan, ketertiban dan keselamatan. (Hum/Dwa)

banner 120x600