Uji Fungsi Pelaksanaan Operasi, KPP Kelas A Tanjungpinang Gelar Rakor

Uji Fungsi Pelaksanaan Operasi, KPP Kelas A Tanjungpinang Gelar Rakor

Peserta yang mengikuti uji fungsi pelaksanaan operasi dan Rakor SAR tahun 2018 foto bersama usai acara. (foto:dwa)

TANJUNGPINANG, DK – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang melaksanakan Uji Fungsi Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Rapat Koordinasi SAR Daerah Tahun 2018 selama empat hari dari tanggal 5 sampai 8 November 2018 yang dihadiri lintas instansi bertempat di Kantor Pencarian dan Penyelamatan Kelas A Tanjungpinang, Selasa (6/11/2018).

Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Kelas A Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan ada dua agenda dalam kegiatan ini, yang pertama uji fungsi pelaksanaan operasi pencarian dan penyelamatan. Dimana saat KPP menerima informasi adanya kecelakaan dan bencana, yang dilakukan melakukan tindakan sesuai prosedur segera berkoordinasi dan menghubungi potensi yang ada, seperti TNI, Polri, Pemda dan masyarakat.

Kedua, sejauh mana koordinasi yang sudah dilakukan oleh KPP apa sudah sesuai prosedur yang akan menghasilkan kontijensi dan sinergi yang bagus. Apabila ada evaluasi disitu nanti ada perbaikan yang akan dijadikan tindakan operasi yang dipakai apabila ada kejadian kecelakaan dan bencana di wilayah Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang.

“Dengan itu kami bisa melakukan evaluasi sejauh mana kekurangan yang kami miliki. Potensi instansi lain sangat diperlukan bagi kami, dan itu bukanlah yang memalukan,” ujar Budi Cahyadi.

Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Potensi BPP Anggit Mulyo Satoto mengatakan kunci keberhasilan dalam melakukan operasi yakni sinergitas dengan potensi yang ada. Dengan jumlah personil KPP Kelas A Tanjungpinang saat ini yang berjumlah 89 orang dengan wilayah yang sangat luas tentu tidak bisa berjalan sendiri.

“Dengan jumlah personil KPP Tanjungpinang yang saat ini ada, sinergi dengan lintas intansi sangat diperlukan untuk mengatasi bila terjadi kejadian yang ada di Kepri ini,” ujar Anggit.

Dilanjutkan Anggit Mulyo Satoto, Rakor SAR diadakan secara nasional. Saat ini diadakan juga di Pontianak. Sedangkan di wilayah indonesia timur dalam waktu dekat ini akan diadakan di Makasar dan Sorong, Papua. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!