4 Kecamatan selesai laksanakan Rancangan Awal RPJMD

4 Kecamatan selesai laksanakan Rancangan Awal RPJMD

Syahrul(walikota)

DK-Humas Pemko Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bappelitbang melaksanakan kegiatan konsultasi publik rancangan awal RPJMD per Kecamatan. Untuk tahap awal dilaksanakan untuk Kecamatan Tanjungpinang Kota di Gedung Wanita Tun Fatimah dan Kecamatan Tanjungpinang Timur di Gedung Muhammadiyah, serta dilanjutkan di Kecamatan Bukit Bestari dan Kecamatan Tanjungpinang Barat Jum’at (2/11).

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menyampaikan dalam pengarahannya berharap agar konsultasi publik rancangan awal RPJMD hingga menjadi RPJMD di seluruh Kecamatan dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu. “Karena masyarakat harus mengetahui dengan baik tentang Visi Misi atau keinginan saya bersama wakil walikota lima tahun kedepan terhadap kota Tanjungpinang untuk kepentingan masyarakat. Maka dari itulah untuk konsultasi awal RPJMD dimasa kepemimpinan saya ini, pemerintah mengundang ketua RT / RW serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda agar dapat memberikan masukan kepada pemerintah disetiap pembangunan yang ada di masing-masing kecamatan.” Ujar Syahrul.
Syahrul menambahkan salah satu Visi Misi yang telah disampaikan kepada masyarakat adalah dengan mengembangkan ekonomi kreatif dikota Tanjungpinang, agar Tanjungpinang menjadi kota yang maju, berbudaya, sejahtera serta kota yang harmonis dengan meningkatkan sumberdaya manusia yang agamis, berakhlak mulia, jujur, serta bertanggung jawab dalam tugas yang diberikan.
Dalam kesempatan ini, Syahrul juga menyampaikan segera membuat surat edaran kepada seluruh OPD dan menyusul akan membuat peraturan walikota (perwako) mengenai 3 kebijakan diawal kepemimpinannya salah satunya yaitu mendahulukan pembacaan ayat suci Al Qur’an di setiap acara seremoni. “Jadi sebelum rangkaian acara dilaksanakan, terlebih dahulu dilantunkan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Kemudian dihimbau dan dilaksanakan agar seluruh karyawan/ti dan masyarakat agar melaksanakan sholat berjamaah, baik di masjid dan musholla yang ada di kantor atau Masjid terdekat di wilayah kantor tempat berdinas, dan ini berlaku untuk seluruh umat muslim terutama laki-laki. Dan yang ketiga agar disisihkan sedikit penghasilan untuk zakat penghasilan, setiap karyawan/ti Pemerintah Kota Tanjungpinang diharapkan dapat menyisihkan sekitar 2,5 persen gaji kotor selama sebulan, dengan tujuan agar kita dapat membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu. Jadi kita tidak perlu untuk terlalu berharap dari dana APBD, dengan cara bergotong royong ini kita dapat membantu masyarakat tidak mampu yang ada di Kota Tanjungpinang.” Harap Syahrul.
Diakhir arahannya, Syahrul kembali berharap agar visi misi ini dapat terlaksana dengan baik melaui rancangan awal RPJMD ini tentunya dengan perencanaan yang benar-benar matang dan kita sama-sama berfikir untuk membangun kota tercinta ini, dan tidak ada lagi yang saling menyalahkan satu sama lain. “Pembangunan akan dapat terlaksana dengan baik jika kita saling mendukung dan saling memberi saran.” Tutup Syahrul.
Drs. Surjadi, MT Kepala Bappelitbang menyampaikan diawal pemaparannya bahwa tujuan dilaksanakannya konsultasi publik rancangan awal RPJMD hari ini, adalah untuk penajaman Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang periode 2018-2023 untuk lima tahun kedepan, hingga masa jabatan Walikota dan Wakil walikota selesai. “Jadi dengan harapan seluruh perencanaan lima tahun kedepan dapat tersampaikan kepada masyarakat melalui Ketua RT dan Ketua RW yang hadir, tentunya melalui tahapan dari rancangan awal RPJMD ini, akan dilanjutkan ke pembahasan RPJMD hingga nanti berakhir pada Musrenbang yang dilaksanakan setiap tahunnya hingga ke tahap pelaksanaan kegiatan.”
Untuk tahun ini, dimasa pemerintahan pak Syahrul dan bu Rahma, tahapan rancangan awal RPJMD ini sengaja dilaksanakan disetiap kecamatan, agar bapak Walikota dapat mendengar langsung ide dan saran dari masyarakat melalui Perangkat RT/RW disetiap kecamatan, sekaligus dapat saling bersilaturahmi bersama perangkat RT/RW pasca pelantikan kemarin, Tutup Surjadi.
Usai memberikan pemaparan oleh kepala Bappelitbang, dilanjutkan sesi tanya jawab dan masukan yang dilontarkan oleh Perangkat RT/RW, dan langsung ditanggapi oleh Walikota Tanjungpinang. Acara juga dihadiri oleh seluruh Asisten I, II dan III, Kepala OPD dan Lurah setempat. (Humas/Andi/Hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *