Kapal Feri VOC Batavia Tabrak Kapal Tangker, Ratusan Penumpang Selamat

Kapal Feri VOC Batavia Tabrak Kapal Tangker, Ratusan Penumpang Selamat

Kapal feri VOC Batavia dari Anambas yang menabrak kapal tangker tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (foto:dwa)

Tanjungpinang, DK – Kapal Feri MV. VOC Batavia dari Anambas tujuan Tanjungpinang menabrak kapal tanker MT. Pacific Crown (Kapal Super Tanker), Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 13.14 WIB di perairan Laut lepas (alur pelayaran) pada posisi 01°42.885 U -104°42.616 T.

Kepala Basarnas Tanjungpinang Budi Cahyono mengatakan kapal feri dengan kapten Zainal tersebut membawa penumpang sebanyak 153 orang dan ABK 10 orang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya beberapa penumpang ada yang mengalami cedera dan satu orang penumpang melompat ke laut karena panik tapi berhasil diselamatkan.

Kapal feri MV. VOC Batavia berhasil sampai ke pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sekitar pukul 16:30 wib. Beberapa penumpang terlihat cedera dan trauma.

Adapun kronologis kejadian sekitar pukul 13.10 Wib kapal MV. Voc Batavia dengan kecepatan 23 knot dengan jarak 500 meter kapten kapal melihat kapal tanker. Kemudian pada jarak 100 meter, baru nahkoda MV. VOC Batavia menurunkan kecepatan dan akhirnya terjadi benturan dengan kapal tangker MT. Pacific Crown.

Salah seorang penumpang yang cedera dan trauma. (foto:dwa)

Pada saat tabrakan tersebut, satu orang penumpang terjun ke laut karena panik. Mengetahui ada penumpang jatuh ke laut, MV. VOC Batavia memutar haluan kapal menyelamatkan penumpang yang terjatuh ke laut menggunakam Lifeboat.

Akibat tabrakan tersebut lambung kiri kapal bagian atas rusak pecah dan retak hingga bagian dalam kapal sepanjang 1.5 Meter. Reling bagian atas lambung kapal rusak berat, tiang anjungan patah, lambung kiri samping haluan kapal rusak parah.

Kasat Polairud Polres Tanjungpinang Iptu Syaiful Amri mengatakan korban yang cedera saat ini dirawat di kesehatan pelabuhan. “Tidak ada korban jiwa, semua penumpang selamat, hanya beberapa orang yang cedera kini sudah di rawat,” ujar Iptu Syaiful Amri. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *