Rumah Baca Pantai Daya Tarik Inovasi Membaca

Rumah Baca Pantai Daya Tarik Inovasi Membaca


Data kepri-Dinas Perpustakaan dan Arsip Kot


a Tanjungpinang melaksanakan peresmian dan penggunaan Rumah Baca Pantai yang diresmikan oleh Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM yang ditandai dengan pengguntingan pita, Senin (25/6).

Rumah ini merupakan upaya perwujudan kepedulian Pemko Tanjungpinang dalam menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai Kota Pendidikan. Dan inovasi ini juga sebagai salah satu upaya meningkatkan generasi literasi yang gemar ke perpustakaan. “Rumah Baca ini nantinya akan menjadi sarana pendukung kegiatan belajar mengajar di luar sekolah dan menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak di daerah pesisir. Harapannya anak-anak dapat mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif seperti membaca dan berlatih bahasa asing.” Ungkap Ariza dalam sambutannya.

Rumah Baca ini terletak persis di belakang Gedung Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang. Ariza berharap dengan adanya Rumah Baca ini dapat membantu masyarakat khususnya pelajar untuk mendapatkan informasi dan menjadikan sarana rekreasi edukasi bagi masyarakat. “Harapan saya, melalui Rumah Baca ini dapat menjadi wadah bagi anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan dan minat baca anak-anak. Dan sarana rekreasi edukasi yang menarik karena berhadapan langsung dengan laut dan Pulau Penyengat.” Lanjut Ariza.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM mengatakan inovasi rumah baca ini merupakan strategi untuk meningkatkan minat baca dan kunjungan masyarakat ke perpustakaan. “Ini strategi untuk meningkatkan kunjungan ke perpustakaan. Tahun 2017 lalu, terdapat 38.702 pengunjung. Hingga Juni 2018 ini sudah 18.977 pengunjung dengan target 33.000 pengunjung.” Ungkapnya.

Wan Samsi juga mengatakan, di rumah baca ini juga dilengkapi dengan sarana untuk penyandang disabilitas agar lebih mudah dijangkau. “Di rumah baca ini juga disediakan sarana untuk penyandang disabilitas dengan tujuan untuk lebih mudah dijangkau dan mendapatkan suasana yang lebih nyaman lagi.” Tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. Huzaifa Dadang AG, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani, MM., M.Kes, Kepala SD, SMP dan Pengurus ATPUSI Kota Tanjungpinang.

(Hum/Pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *