Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang harus jadi Magnet Wisatawan

Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang harus jadi Magnet Wisatawan

Sekdako Tanjungpinang Drs Riono saat memimpin rapat. (foto:humas)

TANJUNGPINANG, DK – Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si memimpin rapat pertemuan kegiatan percepatan pembangunan kebudayaan dan pariwisata Kota Tanjungpinang bertempat di Ruang Rapat Bappelitbang, Selasa (5/6).

Dalam rapat tersebut, Riono mengemukakan terkait kebudayaan yang dijadikan magnet pariwisata di Kota Tanjungpinang khususnya di pulau Penyengat. “Kota Tanjungpinang harus menggiatkan kembali promosi kebudayaan Melayu menjadi magnet pariwisata. Jika berhasil, itu akan menambah pendapatan daerah melalui sektor pariwisata,” ungkapnya.

Rionomenambahkan, terdapat 10 bidang kebudayaan dengan berbagai etnis yang ada di Kota Tanjungpinang ini dengan melakukan kajian-kajian yang belum ada. “Coba dilakukan beberapa terobosan dari kebudayaan khusus, sehingga kita bisa mengetahui kebudayaan yang muncul dan dilakukan kajiannya dengan benar dan baik dari segi fasilitas pendukung lainnya, seperti sarana tempat parkir, toilet umum, sarana ibadah, pusat oleh-oleh dan lainnya,” paparnya.

Riono kembali menambahkan, mengambil contoh destinasi  wisata baru seperti di pulau Basing yang memiliki pantai yang berpasir putih dan ada peninggalan sejarah disana. “Pulau Basing memiliki nilai historis dan punya daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesana. Hal ini bisa dikembangkan dengan ditambahkan fasilitas-fasilitas umum, seperti sarana transportasi, toilet umum, akses jalan dikembangkan, industri usaha kecil dan lain sebagainya yang harus kita perhatikan,” lanjut Riono.

Sekda juga berharap banyak hal yang masih perlu dikelola bersama untuk kemajuan pariwisata di Kota Tanjungpinang. Ia juga menghimbau kerjasama antar OPD dan stakeholder yang terkait untuk lebih memperhatikan perkembangan pariwisata. “Kerja sama antar OPD dan masyarakat harus terbangun dan bersinergi untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Tanjungpinang.

Ketua Kadin Kota Tanjungpinang, Boby Jayanto juga menambahkan ia sangat mengapresiasi dengan apa yang disampaikan oleh Pemko Tanjungpinang. Ia berharap perkembangan pariwisata di Kota Tanjungpinang ini dapat membuahkan hasil yang baik. “Saya apresiasi kepada Pemko Tanjungpinang yang telah serius dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kota Tanjungpinang. Semoga ini dapat berhasil dan membantu masyarakat untuk memiliki peluang usaha serta meningkatkan perekonomian di Kota Tanjungpinang,” ungkapnya.

Rapat ini turut dihadiri oleh Asisten II, H. Irwan, S.Sos, MM, Ketua Kadin Kota Tanjungpinang, Boby Jayanto, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Himpunan Pariwisata Indonesia, jajaran OPD Kota Tanjungpinang dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Kota Tanjungpinang. (Hum/Pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *