Dir. Ops. Basarnas : Personil SAR di Kepri Idealnya 300 Orang

Dir. Ops. Basarnas : Personil SAR di Kepri Idealnya 300 Orang

Direktur Operasional Basarnas Brigjen (Mar) Bambang Suryo Aji saat diwawancarai wartawan. (foto:gm)

TANJUNGPINANG, DK – Wilayah Kepri yang lebih luas lautan dibanding daratan merupakan perlintasan kapal dan sering terjadi kecelakaan menjadi perhatian sendiri oleh Basarnas saat melakukan pencarian dan keselamatan. Dengan personil sebanyak 35 orang, SAR Tanjungpinang saat ini semaksimal mungkin melakukan pertolongan dan pencarian saat terjadi kecelakaan baik di laut maupun di darat.

Hal tersebut dikatakan Direktur Operasional Basarnas Brigjen (Mar) Bambang Suryo Aji saat melakukan kunjungan ke Kantor SAR Tanjungpinang, Kamis (24/05/2018). Dilanjutkan Bambang Suryo Aji, idealnya jumlah personil SAR di Kepri sebanyak 300 orang mengingat luasnya wilayah di Kepri, terutama perairannya.

“Tapi jumlah personil yang ada saat ini tidak menghambat SAR Tanjungpinang saat melakukan tugas, karena bisa bersinergi dengan intansi lain dan sudah mendapat pelatihan. Dengan armada yang dimiliki saat ini sudah memadai bagi personil SAR Tanjungpinang dalam melakukan tugas,” ujar jenderal Marinir TNI-AL bintang satu ini.

Untuk saat ini jumlah personil SAR seluruh Indonesia sebanyak 1.700 orang, idealnya 7 ribu orang personil yang butuhkan. “Tapi mengingat adanya moratorium Permen PAN dan keterbatasan anggaran tidak bisa direalisasikan. Tapi itu tidak menghambat anggota SAR di seluruh Indonesia dalam menjalankan tugas,” ujar Bambang Suryo Aji. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *